Batam (ANTARA News) - Gerak Jalan Napak Tilas Raja Ali Kenala yang dilaksanakan sebagai rangkaian pembukaan Hari Pers Nasional 2015 Kepri di Kota Batam, Minggu pagi diikuti oleh ribuan masyarakat Kota Batam.

Gerak jalan dilepas langsung oleh Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo bersamna Ketua HPN 2015 Sasongko Tedjo, Sekjen PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, Ketua PWI Kepri Ramon Damora, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Kapolresta Bareang, Ketua DPRD Kepri.

Kegiatan gerak jalan dilepas pada Gerbang Selatan Dataran Engku Putri Batam Center, menuju Simpang Empat BI, Mega Mal, Pelabuhan Internasional Batam Centre, BP Batam, Kantor Pos Batam, BCM, san kembali lagi ke Dataran Engku Putri melalui gerbang barat.

Pada Dataran Engku Putri dilaksanakan panggung rakyat dengan ratusan hadiah diantaranya dua paket umroh, enam motor, sepeda, telepon pintar, dan sejumlah barang elektronik.

Panitia HPN juga menghadirkan Duo Sabun Colek untuk menghibur peserta gerak jalan sambil pengambilan kupon undian berhadiah.

Sasongko mengatakan, sebuah kebanggaan Hari Pers Nasional yang bertemakan Pers dari Rakyat untuk Rakyat bisa dilaksanakan di Kepri (Tanjungpinang dan Batam).

"Sebuah kebanggaan Hari Pers Nasional ke-30 bisa dilaksanakan disini," kata dia.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Respationo berharap rangkaian kegiatan HPN juga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau.

"Sejumlah kegiatan sudah diagendakan. Kami harapkan masyarakat bisa merasakan manfaatnya," kata dia.

Panitia HPN juga akan menggelar pesta rakyat di Dataran Engku Putri pada 7 Februari dengan menghadirkan Zaskia Gotik dan Cita Citata.

Agenda Hari Pers Nasional 2015 Provinsi Kepulauan Riau adalah Jalan Sehat, Pelatihan Jurnalisme Maritim pada 3 Februari bertempat di Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pameran Pembangunan Kamis, 5-9 Februari 2015 di Tanjung Pinang.

Konvensi Bahasa dan Budaya (Menjadikan Penyengat Sebagai Warisan Dunia) pada Jumat 6 Februari di Pulau Penyengat Tanjungpinang dengan peserta Masyarakat Pers, UNESCO, Pakar Bahasa, Masyarakat Melayu seluruh Dunia.

Seminar Konstitusi MPR (6/2), Konvensi Media Massa di Harmoni One Batam pada 7 Februari 2015, Bedah Buku HPN di Batam, Pertemuan Forum Pemred dan CAJ (8/2), di Batam, dengan peserta Anggota Forum Pempred, Pempred Malaysia, Menpen Malaysia, CAJ.

Acara Komponen Pers (6/2) di Batam, SPS (7/2) di Harris Hotek Batam, Pesta Rakyat (7/2) di Engku Putri Batam Centre, Media Visit Peserta HPN (8/2) di Singapura, Puncak HPN (9/2) Harmoni One Batam.

Pewarta: Larno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015