Jakarta (ANTARA News) - Raksasa box office "American Sniper" belum terkalahkan, masih menduduki posisi puncak box office Amerika Serikat dan Kanada selama akhir pekan dengan penjualan tiket 31,9 juta dolar AS menurut perkiraan studio.

Film perang nomine Oscar arahan sutradara Clint Eastwood yang dibintangi oleh aktor nomine Oscar Bradley Cooper sebagai penembak jitu Navy Seal itu dengan mudah mengungguli penjualan tiket film-film baru dengan penjualan domestik total 250 juta dolar AS sejak pemutaran perdana 16 Januari.

Performa "Sniper" yang terus menguat membantu keseluruhan performa film di box office pada akhir pekan Super Bowl, ketika banyak orang Amerika fokus pada pertandingan final football profesional.

Film hit itu berada di jalur pencetakan rekor sepanjang masa untuk film individual saat akhir pekan Super Bowl, sementara total keseluruhan box office sekitar 23 persen dari 103 juta dolar dari pekan yang sama tahun lalu menurut firma pelacak  Rentrak.

"Sekarang ini film yang pendapatan kotornya terbesar," kata Paul Dergarabedian, analis media senior Rentrak, dan menyatakan "Sniper" telah melampaui pendapatan "Saving Private Ryan" (1998) yang sebanyak 216,2 juta dolar AS.

Sementara film keluarga "Paddington", yang dibikin berdasar buku serial anak-anak klasik tentang beruang baik hati yang mencari sebuah rumah, berakhir di posisi kedua dengan perolehan 8,5 juta dolar AS selama Jumat sampai Minggu.

Film fiksi ilmiah "Project Almanac" meraup 8,5 juta dolar AS pada debutnya pekan ini. Film remaja yang dibintangi oleh Jonny Weston dan Sofia Black-D’Elia itu biaya pembuatannya hanya 12 juta dolar AS.

Film baru lainnya, "Black or White", masuk di posisi keempat dengan pendapatan penjualan tiket 6,5 juta dolar AS. Drama keluarga tentang pertarungan memperoleh hak asuh itu dibintangi oleh Kevin Costner dan Octavia Spencer. Costner membantu membiayai dan memproduksi film tersebut.

Distributor Relativity Studios menyatakan "yakin orang-orang dewasa yang akan terus keluar pada akhir pekan mendatang akan memberi film itu peringkat A- CinemaScore, dan pertumbuhan sepanjang Jumat sampai Sabtu."

Ia menambahkan perolehan penjualan tiket film tersebut pada hari kedua melampaui pendapatan hari pertama.

Melengkapi lima besar ada film Jennifer Lopez "The Boy Next Door" yang mendapat 6,1 juta dolar AS, menambah total pendapatan sejak pemutaran pertamanya akhir pekan lalu menjadi 25 juta dolar AS, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Penerjemah: Maryati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015