Jakarta (ANTARA News) - Aktris Mona Ratuliu mengaku kapok mengajari anak-anaknya misalnya soal kebersihan sambil mengomel. Dia pun kini memilih cara-cara yang menyenangkan saat mengajari anak-anaknya.

"Apapun, mau mengajarkan kebersihan, kesehatan, tanggung jawab untuk anak-anak biasanya aku pakai cara yang menyenangkan," ujar Mona dalam konferensi pers Pengumuman Hasil Dukungan "Project Sunlight" di Jakarta, Selasa.



"Dulu pernah pakai cara ngomel, dan ternyata tidak efektif, anaknya malah jadi sebel sama aku. Jadi sekarang sudah kapok lalu pakai cara yang senang-senang saja," kata ibu dari tiga orang anak itu.

Mona mencontohkan, cara-cara yang menyenangkan bisa berupa membacakan cerita yang berisi pesan tentang kebiasaan sehat misalnya kebiasaan menyikat gigi, atau melakukan kebiasaan sehat sambil bernyanyi.

"Aku bacain cerita sebelum tidur tentang topik yang misalkan dia lagi tidak mau gosok gigi, biasanya aku bikinin tuh, ngarang-ngarang sendiri dongeng sebelum tidurnya sesuai topik yang aku butuhin anakku ngerti," kata dia.

Menurut Mona, cara-cara menyenangkan mampu menarik perhatian anak dan mereka pun mau mengerti apa yang diajarkan.

"Soalnya kalau dinasehatin, namanya anak-anak, mungkin belum mengerti juga. Pakai cara-cara yang happy aja. Supaya mereka tertarik untuk mau mengerti," kata isteri Indra Brasco itu.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015