Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Agustinus Gusti Nugroho yang akrab disapa Nugie mengajarkan hidup sehat pada anak sambil bernyanyi untuk mendorong anak belajar pola hidup bersih dan sehat dengan nyaman.

"Anak-anak senang kalau ikutan nyanyi, sambil kita ajarkan pola hidup sehat misalnya gimana caranya sikat gigi yang baik, cuci tangan juga," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Menurut pria kelahiran Jakarta, 31 Agustus 1971 itu, dengan bernyanyi, kiat hidup sehat akan lebih mudah diingat anak-anak.

Suami dari Shinta Dewi itu mengatakan pelajaran hidup sehat dengan teori akan sulit diterima oleh anak-anak yang karakteristiknya sebenarnya suka bermain dan belajar dengan pemahaman sederhana.

"Masuk ke kelas, kita bawa bahan salah satu bahan seperti sikat gigi, gambar cuci tangan, menarik untuk anak," kata ayah dari Arkazora Nugraha.

Nugie mengatakan dirinya dan relawan lainnya mengaplikasikan musik dan pesan hidup sehat menjadi lagu yang dapat dinyanyikan dan berisi berbagai imbauan seperti cara mencuci tangan yang benar.

Selain itu, katanya, untuk mengajarkan hidup sehat setiap orang jangan menjadi seperti guru yang mendikte siswa karena akan membuat siswa tidak nyaman dan malas untuk berpartisipasi dalam kegiatan kesehatan.

Sebaliknya, katanya, setiap orang harus merasa seperti anak kecil dan memahami mereka yang suka kegiatan aktif dan memfasilitasi mereka untuk belajar sambil bermain.

Dalam kesempatan di Project Sunlight, Nugie bermain ular tangga dengan sejumlah gambar sanitasi yang baik. Jika salah satu kalah, maka harus menerapkan pola hidup sehat seperti cara mencuci tangan dari ujung kuku hingga sela-sela jari.

Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia itu telah mengajarkan hidup sehat dan sanitasi bersama relawan lainnya pada siswa kelas I-VI di SD Negeri 1 Manggarai, Jakarta.

Menurutnya, sebagian besar siswa mengetahui bagaimana mengosok gigi yang baik, hanya saja kurang dorongan untuk melakukannya secara terus-menerus.

"Kita ngajarin soal sikat gigi, itu gerakan yang sering dilakukan anak-anak tapi mereka gak sadar manfaat besarnya untuk hidup sehat," tutur penyanyi yang merilis album pertamanya "Bumi" pada 1995.

Dalam mengajarkan hidup sehat, Nugie mendapatkan wawasan baru tentang praktik kesehatan yang benar sehingga dapat memperkuat pengetahuannya untuk diterapkan di keluarganya.

"Yang saya pelajari itu banyak misalnya gosok gigi baik butuh waktu dua menit. Hal ini baik jadi lebih memperkuat apa yang salah lakukan di rumah, katanya.

Pewarta: Martha HS
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015