Kanker bisa dicegah dengan gaya hidup bersih dan sehat

Kanker bisa dicegah dengan gaya hidup bersih dan sehat

Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek (kiri) dan Farid Anfasa Moeloek (kanan) berbicara pada Seminar dan Lokakarya (semiloka) di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

ingatlah kata CERDIK menjauhkan diri dari kanker

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengatakan kanker dapat dicegah dengan melakukakn gaya hidup sehat dan menjauhkan diri dari faktor resiko seperti kebiasaan merokok, menjadi perokok pasif, alkohol, kegemukan, serta pola makan yang tidak sehat.

"Jika kita menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) maka resiko atau kemungkinan untuk terserang kanker akan berkurang," kata Menkes usai Peringatan Hari Kanker Sedunia di Jakarta, Rabu.

Perilaku hidup yang perlu diterapkan disebut Menkes antara lain melakukan aktivitas fisik secara benar, teratur dan terukur, makan makanan bergizi dengan pola seombang serta cukup buah dan sayur serta mengelola stres dengan tepat dan benar.

"Untuk memudahkan, ingatlah kata CERDIK menjauhkan diri dari kanker," katanya.

CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.
(A043)


Pewarta: Arie Novarina
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Menkes: Vaksinasi berbayar berikan keluasan akses

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar