... setiap pribadi harus memaknai benar bahwa Injil adalah kekuatan Allah Bapa...
Sentani, Papua (ANTARA News) - HUT ke-160 Pekabaran Injil, di Kabupaten Jayapura, Papua dimeriahkan  ibadah profesi seperti yang digelar di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Elohim, Sentani.

Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Jayapura, Pendeta Sonny Manoach, di Sentani, Kamis, mengatakan dengan melaksanakan ibadah profesi yang disertai pengurapan serta perjamuan kudus, umat Tuhan dapat berkarya dengan profesinya masing-masing.

"Yang kami harapkan adalah setiap pribadi harus memaknai benar bahwa Injil adalah kekuatan Allah Bapa, karena jika semua dimaknai dengan baik maka tidak akan ada kekacauan, demo anarkis dan lain sebagainya," katanya.

Menurut Manoach, 5 Februari merupakan hari bersejarah bagi jutaan umat Kristiani di Tanah Papua karena pada tanggal itulah Injil hadir di Bumi Cenderawasih.

"Injil masuk di Papua melalui dua misionaris asal Belanda dan Jerman, yakni Carl Wilhelm Ottow dan Johann Gottlob Geissler," ujarnya.

Dia menuturkan dengan Injil yang dibawa Ottow dan Geissler itu kiranya dapat memberikan perubahan bagi masyarakat di Papua, khususnya melalui profesi atau pekerjaan masing-masing.

5 Februari didaulat sebagai HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua dan dijadikan libur fakultatif, hari libur resmi dan cuti bersama di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, libur fakultatif ini diisi dengan serangkaian ibadah di beberapa lokasi khususnya di Stadion Mandala Kota Jayapura dijadikan pusat ibadah syukur.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Jayapura, selain diperingati dengan ibadah syukur di masing-masing persekutuan gereja, aktivitas belajar mengajar di sekolah, pertokoan dan perusahaan diliburkan. 

Pewarta: Hendrina Kandipi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015