Baturaja (ANTARA News) - Batu akik jenis biru langit atau yang lebih dikenal dengan nama spritus, banyak dihasilkan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat dengan mudah memperolehnya di Kota Baturaja.

Sejumlah pedagang khusus menyediakan aneka batu cincin termasuk batu akik jenis spritus banyak ditemukan di wilayah Baturaja ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi OKU, M Nasir di Baturaja, Kamis.

Namun demikian, tidak benar batu akik jenis spritus cuma ada di OKU saja, tetapi di daerah lain juga ada," kata Nasir tanpa menyebutkan nama daerah lain yang dimaksud.

Sementara mengenai jumlah pedagang termasuk penambang batu akik dan dimana saja lokasinya, Nasir mengaku, pihaknya sampai sekarang belum mendata hal itu.

"Yang jelas batu akik berkualitas banyak ditemukan di Lengkiti. Soal berapa jumlah penambang khusus jenis batu tersebut, saya tidak tahu," katanya.

Menurut dia, batu jenis spritus asal Baturaja masuk kategori kalsedon. Dia mengaku, pihaknya juga sempat berdiskusi soal batu spritus tersebut, ternyata disimpulkan di tempat lain juga ada batu sejenis.

"Jadi kami juga mencari referensi dan ternyata di tempat lain juga ada batu akik jenis spirtus," jelas Nasir.

Oleh karena itu, kata dia, Kabupaten OKU belum bisa diklasifikasikan sebagai daerah yang bagus untuk dijadikan pusat tambang bebatuan, karena termasuk dalam kategori daerah patahan aktif.

"Jadi klasifikasi batu kita berjenis napal. Cuma ada tiga jenis tambang batu di sini yakni tambang beku, metamorfosis dan sedimen," ujarnya. 

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015