Malaysia bertekad lanjutkan kerja sama ANTARA-Bernama

Malaysia bertekad lanjutkan kerja sama ANTARA-Bernama

Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Dato Sri Ahmad Shabery Cheek (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo)

... iklim pemberitaan, Malaysia mengakui Kantor Berita ANTARA lebih bebas daripada Bernama...
Batam (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Ahmad Shabery Cheek, menyatakan komitmen negaranya tetap melanjutkan kerja sama media dua negara laiknya telah dilakukan Kantor Berita ANTARA dengan Kantor Berita Malaysia Bernama.

"Berbagi penyiaran konten berita Indonesia dengan Malaysia, sudah ada ANTARA dengan Bernama, beritanya disebarkan di Malaysia dan itu sudah berlaku hingga sekarang," katanya, di Batam, Minggu.

Hal itu dikatakannya dalam acara "Minum Sore" dia dengan timpalan Indonesia-nya, Menteri Komunikasi dan Informasi Indonesia, Rudiantara. "Minum Sore" jadi bagian peringatan Hari Pers Nasional 2015 di Kepulauan Riau.

Kerja sama Kantor Berita ANTARA dengan Bernama sudah bekerja sama sejak berpuluh tahun yang lalu. 

Kantor Berita ANTARA sejak lama menempatkan pewartanya di Kuala Lumpur, Malaysia. Bernama juga berlaku serupa, kantor biro Jakarta-nya ditempatkan di Wisma ANTARA, Jakarta Pusat, di mana kantor pusat Kantor Berita ANTARA berada. 

Di Malaysia, Kantor Berita Bernama berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Multimedia. Sedangkan Kantor Berita ANTARA, pernah menjadi lembaga negara yang pemimpin umum/pemimpin redaksi-nya diangkat melalui surat keputusan presiden. 

Terkait iklim pemberitaan, Malaysia mengakui Kantor Berita ANTARA lebih bebas daripada Bernama.

Sementara itu, General Manager Persetubuhan Berita Nasional Malaysia Bernama yang juga hadir saat itu, Zulkifli Salleh, menekankan pentingnya media kedua negara untuk meningkatkan saling pemahaman agar hubungan kedua pihak semakin baik dan akrab.

Pewarta: Bayu Adha
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015

KPK gandeng kementerian/ lembaga cegah korupsi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar