PLN Depok sering alami pencurian kabel listrik

PLN Depok sering alami pencurian kabel listrik

Ilustrasi-Kabel jaringan listrik PLN. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta (ANTARA News) - Kabel atau Trafo PLN yang berada di Kampung Jati, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, sering dicuri sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan pemadaman listrik di lokasi tersebut.

"Kabel PLN di Kampung Jati, Kelurahan Pasir Putih sering dicuri dengan modus mematikan aliran listrik oleh para sindikat spesialis pencurian kabel PLN tersebut," kata Manager PLN Rayon Sawangan Kota Depok, Yuli Adi Nugroho di Depok, Minggu.

Menurut dia, dengan adanya pencurian kabel PLN ini terjadi pemadaman listrik yang diawali dengan kenaikan tegangan jaringan listrik lalu tiba tiba listrik padam sehingga terkesan ada kerusakan jaringan listrik PLN.

"Padahal saat diperiksa oleh tim PLN ditemukan adanya aksi pencurian kabel dan benda lainnya yang mengakibatkan pemadaman aliran listrik," katanya.

Ia mengatakan, aksi pencurian kabel atau trafo milik PLN biasanya terjadi dilokasi atau wilayahnya sepi yang terlihat atau termonitor oleh masyarakat yang mengakibatkan para pelaku dengan leluasa berhasil mencuri barang barang jaringan listrik PLN.

Sehingga, lanjut dia, akibat pencurian ini PLN mengalami kerugian hingga ratusan juta dikarenakan tidak bisa memasok aliran listrik kepada para konsumen. Selain itu juga konsumen PLN mengalami gangguan aktivitas dan kerugian material lainnya akibat aksi pencurian kabel PLN.

Dikatakan dia, ada dugaan para pelaku pencurian kabel PLN ini merupakan yang mengerti tentang masalah instalasi kelistrikan yang sudah handal dan teroganisasi. Setiap gardu, trafo atau kabel PLN pengamanannya sudah sesuai dengan standar operasional, namun kita akan meningkatkannya sehingga tidak bisa dicuri oleh para pelaku.

"Kami terus memburu dan menurunkan tim atau supervisor untuk mencari para pelaku pencurian kabel PLN ini," jelasnya.

Dikatakannya, PLN berjanji akan memberikan reward yang layak kepada masyarakat jika melihat atau menangkap pelaku pencurian kabel, trafo dan pencurian sarana prasarana milik PLN.

"Ya kita akan berikan reward yang layak kepada masyarakat atau pihak lain yang dapat menangkap para pelaku pencurian kabel ini," katanya.

PLN rayon Sawangan memiliki sekitar 703 gardu yang bertugas mensuplai jaringan aliran listrik ke 145.000 konsumen yang ada di wilayah seperti Bojongsari, Tangerang Selatan, Ciseeng, Telaga Kahuripan, Limo, Sasak Panjang, Bojong Gede dan wilayah lainnya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Kemenko Marves paparkan keluhan lonjakan listrik akibat PSBB

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar