Manchester (ANTARA News) - Berperan sebagai gelandang atau penyerang? Di mana sebenarnya posisi terbaik Wayne Rooney di Manchester United?

"Saya melihat Wayne Rooney hari ini dan posisinya tidak tepat," kata Jamie Carragher, setelah kapten Manchester United dan timnya berjuang untuk imbangi West Ham 1-1, (8/2).

Louis van Gaal menggeser Rooney dari posisi biasanya dari penyerang menjadi gelandang beberapa minggu terakhir, dan membuat Robin van Persie dan Radamel Falcao di depan.

Berdasarkan statistik, bermain di kanan sebagai gelandang pada Minggu, Rooney belum berhasil melepasakan tendangan ke arah gawang pada 2015, tidak menyentuh bola di kotak penalti West Ham.

Meskipun demikian, pelatih Belanda van Gaal yakin bahwa kapten timnas Inggris pilihan tepat dalam formasi 4-3-1-2 dan mengatakan Rooney senang beradaptasi dalam pertandingan untuk tim.

"Saya tidak akan katakan, dia akan selalu menjadi gelandang dari sekarang karena itu tergantung dari formasi yang kami gunakan dan bentuk dari penyerang. Tetapi kini saya perlu gelandang kaki-kanan," kata van Gaal.

"Saya pikir dia suka bermain sebagai gelandang karena dia lebih banyak menguasai bola. Dia pastinya bisa bermain lebih dari satu posisi."

Rooney memang mendapat lebih banyak distribusi bola di tengah, dengan rata-rata 83 sentuhan di lini tengah sedangkan 65 sebagai penyerang musim ini.

Dalam 11 penampilan di lini tengah di Liga Inggris musim ini, Rooney mencetak tiga kali dan membuat satu asis. Di depan, dalam sembilan pertandingan sebagai penyerang, dia mencetak lima kali dan membuat tiga asis.

Demikian pula, Rooney melepaskan lebih banyak tendangan (26-17) dan membentur mistar gawang lebih sering (8-5) di depan, meski dia menciptakan 18 kesempatan dari tengah, sementara 11 kesempatan di depan.

Rooney sudah lama dipuji atas kemampuan beradaptasi dan penampilannya untuk negaranya dalam berbagai posisi, termasuk sebagai gelandang kiri.

Meskipun demikian, kecemasaan Jamie Carragher dengan peran Rooney saat ini adalah ada dua penyerang di depan yang tidak berkombinasi dengan efektif.

"Tidak ada pergerakan yang cukup dari dua pemain depan, tidak ada sprint, atau energi," kata Carragher setelah pertandingan melawan West Ham.

Dan Carragher percaya Rooney setidaknya ditempatkan di posisi nomer 10.

"Dua penyerang saat ini memiliki lebih sedikit sentuhan dibandingkan David de Gea," kata Carragher. "Rooney harus kembali ke depan, itu posisi terbaiknya atau di sistem ini, kamu menginginkannya di belakang dua penyerang."

"Saya telah menemukan pemain luar biasa," kata pelatih MU.

"Edgar Davids berperan sebagai pemain sayap kiri dan saya membuatnya menjadi gelandang. Michael Reiziger adalah seorang nomer 10 yang menjadi bek tengah dan Frank Rijkaard adalah pemain nomer 6 yang bermain sebagai centre-half di formasi kemenangan saya di Ajax."

"Saya selalu melihat kualitas pemain dan memutuskan dia bisa tampil lebih baik untuk dirinya sendiri," katanya lagi seperti dikutip di skysports.com.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015