Terus terang, sampai sekarang saya belum pernah melihat sebuah pegangan bagi pelaku recovery (pemulihan), mudah-mudahan pedoman ini menjadi bermanfaat,"
Jakarta (ANTARA News) - Tsunami Global Lessons Learned Project (TGLLP) mengeluarkan buku pedoman pemulihan bencana bagi masyarakat di Jakarta, Selasa.

Ketua TGLLP Kuntoro Mangkusubroto berharap buku yang mereka luncurkan dapat menjadi panduan masyarakat untuk mitigasi.

"Terus terang, sampai sekarang saya belum pernah melihat sebuah pegangan bagi pelaku recovery (pemulihan), mudah-mudahan pedoman ini menjadi bermanfaat," ujar Kuntoro.

Menurut Kuntoro, saat ini belum ada buku pedoman bagi masyarakat Indonesia pada upaya mitigasi.

Oleh karena itu pihaknya mengeluarkan buku pedoman tersebut supaya dapat dipergunakan masyarakat luas.

Kehadiran buku itu ditujukan untuk mengarahkan masyarakat yang berada di daerah rawan bencana agar siap menghadapi bahaya yang akan datang.

"Dengan adanya pegangan ini, maka siapa pun yang nanti akan menjadi pelaku pemulihan itu mempunyai dasar pengetahuan terkait tindakan-tindakan yang tepat dalam pembangunan pascabencana," ucapnya lebih lanjut.

Proyek global pembelajaran tsunami itu telah dimulai pada 2008 dengan dukungan dari Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Persatuan Bangsa-Bangsa dan negara-negara yang terkena dampak Tsunami pada 2004.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015