counter

Presiden optimistis swasembada pangan segera tercapai

Presiden optimistis swasembada pangan segera tercapai

Presiden Joko Widodo (ANTARAA FOTO/dok.Kadin/HO)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis swasembada pangan bisa segera dicapai dalam tiga, empat, hingga lima tahun ke depan.

"Semakin saya tahu lapangan, kunjungan daerah yang saya lakukan, semakin saya kenal medan, semakin saya yakin kedaulatan pangan, ketahanan pangan, swasembada pangan bisa kita capai dalam kurun waktu tidak lama," kata Presiden Jokowi ketika membuka Jakarta Food Security Summit III di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis.

Presiden memperkirakan Indonesia dapat mencapai swasembaga pangan dalam empat hingga lima tahun ke depan.

Ia mengaku telah berdialog dengan para petani dan mendapati sudah banyak yang mengalami peningkatan produktivitas hingga berlipat ganda.

"Saya berdialog dengan petani, yang dulu (produksinya) dua ton jadi enam ton, yang dulu 1,5 ton jadi tiga ton. Kelipatan-kelipatan seperti itu contohnya sudah ada," katanya.

Itu artinya, kata dia, para petani sudah mendapatkan fasilitas pendampingan, dukungan, produk, kerja sama dan kemitraan yang baik.

Menurut Presiden, kemitraan seperti itulah yang akan diperluas ketika sudah jelas peran dan fungsinya masing-masing.

"Artinya apa yang kita butuhkan sudah ada, yang mendampingi sudah ada, produk sudah ada. Kemitraan seperti ini yang akan kita perluas, siapa mendampingi dan siapa pasar yang harus mengambil produk-produk dari petani. Semua sudah ada," katanya.

Kemitraan seperti itu, kata Jokowi akan dicontoh dan diperluas secara nasional.

"Saya yakin tiga sampai empat tahun kita bisa," katanya.

Setelah itu, ia menyatakan akan kembali berbicara dengan petani, petambak, pendamping, Kadin dan mitra-mitra pengusaha untuk menghimpun problem yang mereka hadapi kemudian dicari solusinya.

"Problem kita catat, ketemu kalau nanti ada tambahan masukan problem baru, kita langsung kerja dan kita lihat tiga sampai empat tahun yang akan datang," katanya.

Pewarta: Hanny Sofia Soepardi
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Presiden Joko Widodo berangkat ke Singapura untuk pertemuan Leaders Retreat

Komentar