Bekasi (ANTARA News) - Klenteng Hok Lay Kiong Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai berbenah menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2566/2015.

"Sejauh ini persiapan masih terus kami matangkan hingga menjelang perayaan nanti," kata salah satu pengurus klenteng, Darmawan, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, klenteng yang beralamat di Jalan Kenari, Kecamatan Bekasi Timur itu tengah dipercantik dengan berbagai hiasan khas Imlek.

Selain itu, persiapan juga dilakukan dengan membersihan altar berikut arca dewa yang ada di Hok Lay Kiong.

"Kegiatan bersih-bersih itu diperlukan agar saat perayaan Imlek, semua bisa berlangsung lancar, sebab yang dibersihkan bukan hanya klenteng, tetapi membersihkan hati dan pikiran, untuk menyambut tahun baru," katanya.

"Selain itu, untuk umat juga sudah disiapkan perangkat berupa dupa dan segala pernak-perniknya termasuk aneka makanan khas yang dipersembahkan kepada dewa supaya hal-hal yang baik dilaporkan kepada dewa langit," Katanya.

Hingga saat ini ratusan lampion sudah terpasang di sepanjang Jalan Kenari, tempat klenteng berada. Ornamen merah kuning nampak mewarnai sepanjang Jalan Kenari sebagai pertanda masyarakat Tiong Hoa setempat telah siap memeriahkan Imlek.

Dia memprediksi, ribu warga keturunan Tiong Hoa masyarakat pribumi akan berkumpul di lokasi itu untuk merayakan datangnya Imlek 19 Februari 2015.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015