Los Angeles, Amerika Serikat (ANTARA News) - Center Los Angeles Clippers, DeAndre Jordan, membukukan double-double lewat 26 poin dan 18 rebound sedangkan guard Jamal Crawford juga menyumbangkan 26 poin saat membawa timnya menjegal juara bertahan San Antonio Spurs dengan skor akhir 119-115 di Staples Center, Los Angeles, Jumat WIB.

Berkat kemenangan tersebut, Clippers kini unggul 1,5 laga atas Spurs di klasemen Wilayah Barat.

Point guard Chris Paul juga mencatatkan double-double lewat 22 poin dan 16 assist kala Clippers menaklukkan Spurs dalam urusan mencetak poin dari area dua angka meski pemain andalan mereka, Blake Griffin, masih absen lantaran tengah menjalani pemulihan dari cedera sikut kanannya.

Crawford dan Paul mencetak poin-poin penting di sisa waktu 32 detik terakhir, saat Clippers hanya bergantung pada keunggulan satu poin.

Crawford menerima umpan dari Paul dan sukses mengkonversinya menjadi tembakan tiga angka dari sudut kanan lapangan.

Namun Marco Belinelli menjawabnya dengan tembakan tiga angka yang membawa Spurs mendekat 114-115.

Sebelum kemudian Paul mencetak tembakan dari jarak hampir 5 meter di sisa waktu delapan detik yang disusul sepasang tembakan bebas J.J. Redick yang akhirnya memastikan kemenangan Clippers atas Spurs.

Clippers dalam laga itu sukses 27 kali menyarangkan tembakan bebas dari 52 percobaan, catatan terbaik mereka musim ini.

Sementara di kubu Spurs double-double dicapai oleh dua pebasket gaek mereka, Tim Duncan dan Tony Parker, masing-masing dengan 30 poin dan 11 rebound serta 21 poin dan 13 assist, meski harus menerima kenyataan catatan dua kemenangan beruntun timnya selesai di laga pertama usai jeda pekan All-Star.

Sedangkan Pemain Terbaik Laga Final NBA musim lalu, Kawhi Leonard, yang memiliki catatan rata-rata 15,4 poin per laga musim ini, dalam laga tersebut hanya berhasil melesakkan satu dari 11 kali percobaan tembakan dan sama sekali gagal menemui sasaran dari enam kali percobaan tembakan tiga angka.

Paul menjadi mesin utama kebangkitan Clippers di pengujung kuarter ketiga lewat tembakan tiga angkanya yang memantik rentetan empat kali kesuksesan tembakan tiga angka timnya, dua dari Crawford dan satu lainnya dari Redick, sebelum three-point play Glen Davis akhirnya membawa mereka untuk pertama kalinya memperoleh keunggulan di paruh kedua laga dalam skor 77-76.

Sejak itu, kedua tim saling bergantian memegang keunggulan di sisa kuarter ketiga dan tidak pernah memilikinya dalam selisih lebih dari empat angka, termasuk saat layup Jordan membawa Clippers unggul 90-88 kala menutup kuarter ketiga.

Clippers membuka kuarter keempat dengan rangkaian perolehan poin 10-5 yang memperbesar keunggulan mereka menjadi 100-93, di antaranya melalui kesuksesan Jordan melesakkan empat dari enam kesempatan lemparan bebas.

Enam poin beruntun dari Duncan membawa Spurs mendekat dan hanya tertinggal dua poin, dan mereka sempat memangkas selisih ketertinggalan menjadi satu poin saja sebanyak dua kali di sisa waktu satu menit 32 detik terakhir, namun mereka tidak pernah bisa memperoleh keunggulan di kuarter keempat, demikian NBA.com.


Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015