Jakarta (ANTARA News) - Putra daerah, khususnya Papua diharapkan berani tampil menjadi pemimpin dalam Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) XIV yang berlangsung 24-28 Februari 2015, di Papua.

"Bagus sekali kalau pemuda dari Papua maju dalam kongres KNPI, dan bisa terpilih. Ini menunjukan bahwa pemuda Papua punya kemampuan memimpin. Salah satu yang menjadi contoh adalah terpilihnya Bahlil Lahadalia, menjadi Ketua Umum HIPMI. Dia (red. Bahlil) itu dari Papua, yang sekolah dan tumbuh di Papua. Pesannya adalah banyak orang bisa sukses dari daerah. Jadi tidak lagi ada perbedaan daerah maupun pusat," kata tokoh pemuda Indonesia Timur, Ichan Loulembah, dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.

Menurut Ichan, KNPI selalu membuka ruang bagi pemuda daerah untuk berkontribusi dalam meringankan beban bangsa ini, yakni masalah kesenjangan antar kelas dan perbedaan daerah.

"Para tokoh pemuda tidak berdiri di menara gading, tapi melihat masalah secara real. Selama ini kan tahu ada kesenjangan, tapi tidak melihat itu. Kedua harus ada orientasi pada tantangan pemuda, yakni ekonomi dan kesejahteraan. Di domestik, kita harus menghadapi negara-negara ASEAN," ujar mantan Anggota DPD Sulawesi Tengah periode 2004-2009 itu.

Ichan mengharapkan, Kongres yang akan dihadiri 270 peserta pemuda dari berbagai daerah itu diharapkan ampu menjaga komitmen pemuda dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan pemerataan ekonomi.

Kongres KNPI XIV yang berlangsung 24-28 Februari 2015, di Jayapura dimana Papua akan bertindak sebagai tuan rumah. Salah satu kandidat Ketua Umum KNPI adalah putra daerah M Rifai Darus yang akan bersaing dengan Arif Musthofa, Ahmad Sahroni serta M Guntur.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015