agar tidak hanya mementingkan suatu golongan"
Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Maariff Institute Ahmad Syafii Maarif menyarankan politisi Indonesia naik kelas menjadi negarawan yang baik.

"Jangan cuma hanya jadi politisi, tetapi harus bisa naik kelas menjadi negarawan agar tidak hanya mementingkan suatu golongan," kata Buya Ahmad Syafii Maarif dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa malam.

Menurut dia, jika politisi berpandangan seperti negarawan, maka keadaan Indonesia akan lebih baik dan tidak ada saling menjatuhkan.

"Bedanya, kalau negarawan pasti mempunyai rasa memiliki terhadap bangsa sehingga tidak ada korupsi yang bisa merugikan negaranya sendiri," ujarnya.

Dia berpendapat, sifat negarawan bisa menghindarkan atau mengurangi konflik antargolongan dan berbagai polemik.

"Untuk mempunyai rasa saling memiliki sebagai bangsa, harus membawa semangat fikih yang sesuai dengan tujuan utama syariah, yaitu almaslahah alammah (kemaslahatan umum)," kata dia.

Maarif menjelaskan tujuan utama syariah akan tercapai jika orang mau berpikir serius dan berusaha mencerdaskan umat agar tidak terjebak pada fanatisme golongan seperti sifat politik.

Dia berharap semua golongan bersatu jika memang untuk kepentingan bersama sehingga tidak ada perpecahan yang tidak perlu.

"Tidak ada salahnya untuk meninggalkan ego sektoral, termasuk permasalahan agama, satu agama jangan sampai terlalu banyak golongan, lebih baik satu visi bersama," ujar dia.



Pewarta: Afut Syafril
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015