Sleman (ANTARA News) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyelenggarakan Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2015.

"Penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan Ikatan Dimas Diajeng Sleman (IDDS) bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Rabu.

Menurut dia, peserta pemilihan Dimas Diajeng Cilik diperuntukkan bagi siswa sekolah dasar kelas 3 hingga 5 di seluruh DIY. "Pendaftaran dilaksanakan hingga 19 Maret 2015," katanya.

Ia mengatakan pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2015 diselenggarakan dalam rangka mencari potensi generasi muda sedini mungkin yang mampu mengemban visi sebagai duta kebudayaan dan pariwisata bagi Kabupaten Sleman pada khususnya.

"Dimas Diajeng Cilik Sleman diharapkan bisa menjadi generasi awal bagi keberadaan Dimas Diajeng Sleman sebagai salah satu ikon sumberdaya manusia yang mumpuni, sehat, cerdas, kreatif, energik, berwawasan luas," katanya.

Ayu mengatakan, selain itu diharapkan mampu mengedepankan jati diri budaya lokal serta mendukung kemajuan Kabupaten Sleman, khususnya di bidang kebudayaan dan pariwisata.

Ketua Panitia Penyelenggara Seleksi Dimas Diajeng Cilik Sleman 2015 Aryanti Dyah Maharani menambahkan bahwa syarat yang harus dipenuhi para peserta pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2015 adalah WNI khusus siswa-siswi SD kelas 3-5 pada tahun ajaran 2014/ 2015 yang berdomisili di DIY.

"Formulir pendaftaran bisa diperoleh di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Jl. KRT  Pringgodingrat No.13 Beran Tridadi Sleman," katanya.

Sedangkan waktu pendaftaran dibuka hingga tanggal 19 Maret 2015. Informasi dan pendaftaran dapat dilakukan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Jalan KRT. Pringgodiningrat 13, Beran, Tridadi, Sleman, dan di beberapa radio di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Adapun sosialisasi dan seleksi tes tulis diadakan Jumat,20 Maret 2015 pukul 13.00-17.00 WIB. Semi Finalis diumumkan Sabtu 21 Maret melalui SMS, twitter @dimasdiajengsleman dan Facebook Dimas Diajeng Sleman, maksimal pukul 21.00," katanya.

Seleksi wawancara diadakan hari Minggu, 22 Maret 2015 di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Grand Finali akan diumumkan melalui SMS yang sekaligus berisi undangan untuk menghadiri "Sugeng Rawuh Party" atau pelantikan Grand Finalis.

Sugeng Rawuh Party diadakan Minggu 29 Maret pukul. 10.00 WIB sampai selesai, dilanjutkan dengan pembekalan, latihan koreo, dan city tour sampai grand final yang akan diselenggarakan 10 Mei 2015.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015