Bandung (ANTARA News) - Badan Pembina Olahraga Pelajar Indonesia (Bapopsi) Jawa Barat akan mengusulkan tarung derajat menjadi cabang olahraga eksibisi pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII, September 2015.

"Jabar akan perjuangkan tarung derajat sebagai cabang olahraga eksebisi Popnas XIII pada Rakernas Bapopsi di Batam pada Maret nanti," kata Ketua Bapopsi Jabar Yudha M Saputra di Bandung, Kamis.

Ia menyebutkan, saat ini pihaknya masih melakukan pengumpulkan dukungan. Yudha mengkalaim saat ini sudah mendapat dukungan dari 18 provinsi.

Pertimbangan pengajuan penambahan cabang olahraga eksebisi tersebut, kata dia karena Provinsi Jawa Barat mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk menggelar Popnas XIII.

Selain itu, sebagai tuan rumah Popnas XIII/2015, sudah sewajarnya Jabar punya kewenangan dalam mengajukan penambahan cabang olahraga.

"Untuk gelaran Popnas XIII, kita gelontorkan dana hingga Rp70 miliar. Jadi sudah sewajarnya kalau kita juga meminta penambahan cabang olahraga Tarung Derajat sebagai cabang olahraga eksebisi," kata Yudha yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar itu.

Cabang olahraga Tarung Derajat merupakan cabang beladiri asli Indonesia yang diciptakan dan dikembangkan oleh H Ahmad Darajat atau Aa Boxer.

Saat ini terdapat 22 Pengurus Daerah tarung Drajat di Indonesia, serta sejumlah pengurus di luar negeri seperti di Singapura, Malayia, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand serta di sejumlah negara lainnya.

Tarung Derajat sudah menjadi cabang olahraga resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) dan juga dipertandingkan di ajang SEA Games.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015