counter

Laba smartphone Apple tembus rekor 88,7 persen

Laba smartphone Apple tembus rekor 88,7 persen

iPhone 6 plus di tangan petugas promosi. Perangkat komunikasi dan komputasi ini mampu lebih memantapkan pamor Apple di dunia. (www.antaranews.com/Natisha Andarningtyas)

... Apple terbukti sangat menguntungkan...
Jakarta (ANTARA News) - Menurut laporan terbaru perusahaan riset Strategy Analytics, Apple iOS mencatatkan bagi hasil (profit share) smartphone global dengan rekor tertinggi 88,7 persen pada kuartal keempat 2014, atau naik dari 70,5 persen pada masa yang sama di tahun sebelumnya.

Di sisi lain, Android memperoleh bagi hasil 11,3 persen, yang berarti turun dari 29,5 persen dibandingkan kuartal keempat 2013.

Dalam hitungan dolar, laba operasi smartphone Apple pada kuartal keempat 2014 mencapai 18,8 miliar dolar AS, atau naik dari 11,4 miliar dolar AS pada periode yang sama setahun sebelumnya.

Sementara produsen smartphone Android hanya memperoleh 2,4 miliar dolar AS, yang berarti turun dari 4,8 miliar dolar AS pada kuartal keempat 2013.

"Strategi produk premium dan logistik efektif Apple terbukti sangat menguntungkan," kata perusahaan riset tersebut seperti dilansir laman GSM Arena, Sabtu.

Secara keseluruhan, laba operasi smartphone secara global mencapai 21,2 miliar dolar AS pada kuartal keempat 2014, atau naik 31 persen dibanding periode sebelumnya sebesar 16,2 miliar dolar AS.

Penerjemah: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015

LIPI: Studi banding via smartphone sangat memungkinkan

Komentar