Padang (ANTARA News) - Tujuh petak toko di Jalan Bay Pass KM 8 Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, terbakar pada Selasa, sekitar pukul 13.40 WIB.

"Kebakaran tersebut telah menghanguskan kedai aksesoris, kedai profil kayu, kedai makanan dan minuman, kedai fariasi/kaca film mobil dan gudang ban bekas," kata Kapolsek Kuranji Kompol Asril Prasetia di Padang, selasa.

Ia menjelaskan peristiwa kebakaran tersebut diduga disebabkan oleh kompor meledak yang berasal dari kedai makanan dan minuman milik Eti.

Ia menambahkan, kebakaran tersebut juga menghanguskan satu unit mobil sedan dan satu unit motor.

"Berdasarkan laporan yang telah diterima dari peristiwa kebakaran tersebut dinyatakan tidak ada korban jiwa," lanjutnya.

Salah seorang saksi, Syafruddin (66), pemilik semua kedai yang terbakar, mengatakan api berasal dari kedai makan dan minuman, kemudian menyebar dengan cepat ke gudang ban bekas dan menjalar ke kedai-kedai disebelahnhya.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kota Padang, Suhardi mengatakan, untuk memadamkan api tersebut pihaknya menurunkan sembilan unit armada dan dibantu oleh armada dari dinas kehutan dan semen padang, masing-masing satu unit.

"Untuk memadamkan kebakaran besar tersebut, kami berhasil menanganinya dalam waktu 90 menit," ujarnya.

Ia mengatakan, kendala yang dihadapi di lapangan adalah banyaknya warga yang menyaksikan kebakaran tersebut, sehingga agak memperlambat armada untuk keluar masuk ke lokasi.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015