Kami memang telah meraih juara (Piala Liga 2015). Tetapi satu anggota dari staf pelatih seakan melompat dari bis, melanggar kesepakatan. Silvino (Louro, asisten pelatih). Saya ingin membunuh dia.
London (ANTARA News) - Secepat kilat, selekas lokomotif melaju di atas rel kemenangan demi kemenangan, Jose Mourinho menjemput Piala Liga 2015.

Kini pelatih The Blues itu meracik siasat agar terus melesat di bawah kubah kejayaan kompetisi Liga Inggris (Premier League) musim 2014/15 dengan menghadapi tantangan West Ham.

Chelsea berkunjung ke markas West Ham untuk menghadapi duel dalam ajang Liga Inggris yang dihelat di Boleyn Ground, London pada Rabu waktu setempat, Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Bein Sport.

Mourinho yang kini berjuluk The Happy One belum pernah menelan kekalahan ketika berhadapan dengan West Ham di ajang Premier League.

Sedangkan The Hammers belum pernah meraih kemenangan dalam lima laga di ajang Premier League, yang membuat mereka nyaris tanpa sukacita setelah terlempar dari Piala FA.

Setelah kalah dari Crystal Palace ketika melakoni laga kandang, pasukan asuhan pelatih Sam Allardyce akhirnya tergelincir ke posisi kesembilan di klasemen Premier League pekan ini.

Sementara situasi di markas Chelsea, bertambah oke ketika Mourinho menegaskan bahwa kapten John Terry memperoleh kontrak anyar.

Pelatih asal Portugal itu telah memprediksi hasil laga pekan ini. "Segala sesuatunya telah setiap orang ketahui. Kami banyak menemui kesulitan, begitu pula dengan Manchester City. Ini lantaran (Manchester United) juga membidik gelar musim ini. Liverpool (mampu mengalahkan City), saya sudah memprediksi hal itu," katanya.

"Saya tahu bahwa ada misi yang tidak mungkin terwujud, tetapi saya tidak ingin ada sesuatu yang nyeleneh. Saya berkata kepada mereka bahwa saya tidak ingin para pemain kehilangan konsentrasi ketika mengetahui hasil laga dari pertandingan City di menit-menit akhir, atau berita bahwa Liverpool meraih kemenangan. Saya ingin segala sesuatunya tertutup rapat."

"Kami memang telah meraih juara (Piala Liga 2015). Tetapi satu anggota dari staf pelatih seakan melompat dari bis, melanggar kesepakatan. Silvino (Louro, asisten pelatih). Saya ingin membunuh dia. Ia telah mengingkari kesepakatan," kata Mourinho.

Pernyataan Mourinho itu bukan tanpa alasan. Tim asuhannya tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir, meski mereka ditahan imbang 1-1 oleh Burnley pada 21 Februari 2015.

Chelsea tidak akan diperkuat oleh Nemanja Matic yang terkena hukuman tidak boleh turun dalam dua laga karena menerima kartu merah ketika melawan Burnley, sedangkan gelandang John Obi Mikel masih dibekap cedera lutut. Ia bakal menjalani operasi dan harus absen selama sebulan.

Sementara itu, West Ham belum pernah mengecap kemenangan dari enam laga di seluruh kompetisi. Morgan Amalfitano tidak mempekuat timnya karena terkena suspensi ketika menjalani laga melawan West Bromwich Albion di Piala FA. Carlton Cole juga masih berkutat dengan cedera hamstring. Kenyataan itu membuat Sam Allardyce perlu memutar otak menyusun siasat.

Data dan fakta:

Head-to-head:

* West Ham hanya memetik satu kemenangan dari 17 laga terakhir mereka di ajang liga (tiga kali imbang, 13 kalah).
* Chelsea mampu membuat lima clean sheets dari enam laga di ajang Premier League ketika menghadapi West Ham.
 
West Ham:
* West Ham hanya meraih sekali menang dalam 10 laga sejak Natal tahun lalu. (lima kali imbang, empat kali kalah)
* The Hammers masih mengalami defisit delapan poin lebih buruk dibanding capaian mereka musim lalu.

Chelsea:
* Chelsea hanya sekali kalah dalam 11 laga terakhir mereka di ajang Premier League.
* Mourinho tidak pernah memetik kekalahan dalam tujuh laga di ajang Premier League ketika melawan West Ham, enam kali menang dan sekali imbang.
* Para bek Chelsea telah menyumbang 17 gol dan 13 assisst sepanjang musim ini di semua kompetisi.   
* Branislav Ivanovic telah menjaringkan empat gol dari tujuh penampilannya membela The Blues.

Prakiraan susunan pemain:

* West Ham (4-3-1-2):

Adrian (penjaga gawang), Cresswell, Reid, Tomkins, Jenkinson, Noble, Kouyate, Song, Downing, Valencia, Sakho
Pemain cadangan:
Nene, Nolan, Javis, O'Brien, Collins, Demel, Jaaskeleinen
Absen: Carroll, Cole (cedera), Amalfitano (skorsing)

* Chelsea (4-2-3-1):
Courtois (penjaga gawang), Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta, Fabregas, Zouma, Cuadrado, Oscar, Hazard
Pemain cadangan:          
Willian, Drogba, Filipe Luis, Ake, Remy, Ramires, Cech
Absen: Matic (skorsing), Obi Mikel (cedera)   
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* West Ham: L D L D D


28/2/15 West Ham 1 - 3 Crystal Palace
22/2/15 Tottenham Hotspur 2 - 2 West Ham
14/2/15 West Bromwich Albion 4 - 0 West Ham
11/2/15 Southampton 0 - 0 West Ham
8/2/15 West Ham 1 - 1 Manchester United

* Chelsea: W D D W W

1/3/15 Chelsea 2 - 0 Tottenham Hotspur
21/2/15 Chelsea 1 - 1 Burnley
17/2/15 Paris Saint-Germain 1 - 1 Chelsea
11/2/15 Chelsea 1 - 0 Everton
7/2/15 Aston Villa 1 - 2 Chelsea

Head To Head:
 
26/12/14 Chelsea 2 - 0 West Ham
29/1/14 Chelsea 0 - 0 West Ham
23/11/13 West Ham 0 - 3 Chelsea
17/3/13 Chelsea 2 - 0 West Ham
1/12/12 West Ham 3 - 1 Chelsea

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* West Ham 0 - 2 Chelsea
* West Ham 0 - 3 Chelsea
* West Ham 1 - 3 Chelsea

Prediksi laga:

* Chelsea menghadapi batu ujian yang tidak ringan dalam sisa laga di ajang Premier League. Utamanya ketika mereka berkunjung ke Upton Park setelah mereka merayakan kemenangan di stadion Wembley pada Minggu pekan lalu.
* West Ham yang nota bene mampu meraih hasil positif di awal kompetisi justru kini kondisinya sebaliknya. Kini mereka terhempas di posisi kesembilan klasemen Premier League pekan ini.
* Chelsea berharap dapat memburu selisih lima poin agar dapat terus bertenggeri di posisi teratas klasemen. Tentu saja, ini tidak mudah, meski mereka dituntut terus bekerja keras.

Prediksi hasil laga menurur editor Antaranews.com:
* West Ham: 1
* Chelsea: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015