PSM Makassar tundukkan Pusamania Borneo 1-0

PSM Makassar tundukkan Pusamania Borneo 1-0

ilustrasi Pesepak bola PSM Makassar, I Ketut Mahendra (4) berebut bola dengan pesepak bola Perseru Serui, Boumsong (99). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Makassar (ANTARA News) - Tuan rumah PSM Makassar berhasil mengalahkan tamunya Pusamania Borneo FC (PBFC) dengan skor tipis 1-0 dalam laga uji coba di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Sulsel, Rabu sore.

Gol kemenangan satu-satunya tim Juku Eja atas tim asal Kalimantan Timur di dipersembahkan pemain asingnya asal Serbia, Nenad Begovic pada menit ke-18. Kemenangan ini memperpanjang hasil maksimal PSM pada sejumlah uji coba sebelum tampil di Indonesia Super League (ISL).

Menghadapi tim selevel untuk pertama kalinya di Makassar, membuat para pemain PSM Makassar terlihat lebih berhati-hati. Kondisi itupun membuat pertandingan khususnya pada babak awal sedikit membosankan.

Namun situasi itu berubah setelah lahirnya gol yang diciptakan pemain yang segera mengikat kontrak dengan PSM tersebut. Gol yang dicetaknya juga lebih spesial karena tercipta melalui tendangan mendatar dari luar kotak penalti.

Tertinggal 0-1 dari tuan rumah, PBFC mulai sedikit meningkatkan tempo permainan. Keputusan itu cukup berhasil dengan lahirnya beberapa peluang yang diraih Okto Maniani meski pada akhirnya belum mampu menembus gawang yang dijaga Markus Haris Maulana.

Sebaliknya, PSM yang sudah unggul juga sedikit mulai bermain lebih terorganisir. Sayang kedua tim gagal mencetak gol tambahan hingga berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, PSM yang mendapat dukungan ribuan suporter setiaanya terus berupaya menggandakan keunggulan. Sejumlah pemain baru juga sengaja dimasukkan untuk meningaktkan tempo serangan ke tim lawan.

Masuknya beberapa energi baru seperti M Rahmat serta Ponaryo Astaman yang menggantikan Nenad di lini tengah membuat pola permainan PSM juga semakin berkembang. Sejumlah tekanan kembali dilakukan meski tetap gagal berbuah gol hingga berakhirnya pertandinga.

Asisten Pelatih PSM Makassar, Hans Peter Schaller, seusai laga mengaku bersyukur dengan kemenangan yang diraih meski statusnya hanya sebatas laga uji coba.

Mantan Pelatih Persiba Balikpapan itu juga mengapresiasi kerja sama tim yang secara umum dinilai sudah cukup maksimal.

Dirinya juga memberikan kredit poin terhadap para pemain belakang PSM yang cukup sigap mengantisipasi serangan lawan. Keberhasilan tidak kebobolan inipun diharapkan bisa terjaga.

"Kami juga sekaligus memperpajang rekor tidak kebobolan dalam beberapa uji coba yang berarti pemain belakang sudah bekerja maksimal," katanya.

Manajer PBFC Dandri Dauri, mengatakan kekalahan timnya pada laga ini tentu saja menjadi evaluasi tim pelatih sebelum terjun di kompetisi sebenarnya.

Dirinya juga bersyukur dan mengapresiasi atas undangan PSM beruji coba di Makassar. Kedatangan tim PBFC ini juga sekaligus menjadi reuni bagi sejumlah pemain asal Sulsel yang memperkuat PBFC musim ini seperti Rahamat Latief, Hasim Tolle dan Hamka Hamzah.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar