Di sela kejuaraan dunia ini juga akan dilakukan pemilihan Presiden IWUF
Jakarta (ANTARA News) - Jakarta dipastikan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu 2015 setelah ada penandatanganan nota kesepahaman atao MoU antara Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) dengan Federasi Wushu Dunia (IWUF) di Hotel Sultan Jakarta, Kamis.

Sesuai dengan nota kesepahaman, Kejuaraan Dunia Wushu ke-13 ini akan mempertandingkan 56 nomor dari kategori taulo (jurus) maupun sanda (tarung). Empat nomor di antaranya adalah jurus tradisional.

"Kejuaraan akan berlangsung di Istora Senayan, 13-18 November nanti. Ini adalah sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan bergengsi ini," kata Sekjen PBWI Iwan Kwok usai penandatanganan MoU.

Menurut dia, dalam dokumen MoU yang telah dilakukan juga sudah dijelaskan dengan hak dan kewajiban dari tuan rumah. Selain itu juga dijelaskan hak dan kewajiban dari pihak IWUF.

Sebagai tuan rumah, kata dia, Indonesia harus menyiapkan lokasi pertandingan serta pendukungnya. Bahkan, juga menyiapkan akomodasi bagi negera peserta. Sedangkan IWUF salah satu tugasnya adalah mengundang peserta.

"Lokasi pertandingan harus sesuai dengan standar IWUF. Istora sudah tepat. Untuk peserta wewenang IWUF. Yang jelas anggota aktif kurang lebih 80 negara akan diundang pada kejuaraan ini," katanya menambahkan.

Besarnya status kejuaraan yang digelar, kata dia, juga membutuhkan biaya yang besar. Menurut Iwan Kwok, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp10 miliar. Ia berharap, pemerintah dalam hal ini Kemenpora bisa membantu. Apalagi wushu telah mampu mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional.

Penandatangan MoU ini selain dihadiri Ketua Umum PBWI Supandi Kusuma juga dihadiri Wakil Presiden IWUF Antony Goh. Dari pihak pemerintah diwakili oleh Djoko Pekik Irianto dari Kemenpora, serta perwakilan KONI DKI Jakarta dan pengurus provinsi WI.

"Di sela kejuaraan dunia ini juga akan dilakukan pemilihan Presiden IWUF. Jadi ada dua acara sekaligus pada November nanti," kata Ketua Umum PBWI Supandi Kusuma.

Sementara itu, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Djoko Pekik Irianto mengatakan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah merupakan hal yang luar biasal, sehingga Kemenpora akan memberikan dukungan demi suksesnya kejuaraan ini.

Menurut dia, wushu merupakan cabang olahraga yang sudah mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Untuk itu ia berharap, atlet-atlet Indonesia mampu lebih berprestasi lagi. Apalagi, sebelum kejuaraan dunia akan turun pada SEA Games 2015 di Singapura. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015