Solo (ANTARA News) - Keraton Kasunanan Surakarta di Kota Solo, Jawa Tengah, mengoleksi 17 kereta kencana serta ratusan pusaka.

Pengageng Museum Pariwisata Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Pangeran (KP) Satrio Hadinegoro, di Solo, Sabtu, mengatakan, do antara koleksi kereta kencana museum ada  kendaraan Raja Paku Buwono II yang bernama Kiai Krido.

Kereta kencana itu pada masa lalu ditarik oleh delapan kerbau dan digunakan saat boyongan dari Keraton Kartasura ke Kasunanan Surakarta sekitar 1745 Masehi.

"Kereta Kencana belum ditarik dengan kuda, tetapi dengan delapan ekor kerbau ketika Pemerintahan Keraton Kasunanan dipegang Paku Buwono II. Ibu kota Keraton sebelumnya di Kartasura, yang berjarak lebih kurang 12 kilometer dari Kota Solo," katanya.

Sekarang, KP Satrio Hadinegoro menuturkan, kereta kencana ditarik oleh delapan kuda.

Selain koleksi kereta, Museum Keraton Kasunanan Surakarta juga memamerkan macam-macam benda bersejarah, pusaka dan wayang kulit.

Wisatawan yang ingin melihat benda-benda koleksi Keraton Kasunanan Surakarta hanya perlu membayar Rp10.000 (wisatawan lokal) atau Rp15.000 untuk (wisatawan asing).

Museum dibuka untuk umum pada hari kerja selain Jumat antara pukul 08.30 WIB hingga 14.00 WIB, dan pada Minggu Pukul 08.30 WIB hingga Pukul 15.00 WIB.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015