Jakarta (ANTARA News) - Mainan action figure Sumanto the Cannibal adalah salah satu di antara ribuan mainan di pameran Jakarta Toys Fair 2015 di Balai Kartini, Jakarta.

Di antara action figure robot gundam dan tokoh komik maupun anime, boneka Sumanto yang berlabel "Indo Psychos" menarik perhatian pengunjung.

Sosok Sumanto digambarkan bertelanjang dada dengan sentuhan detil cipratan darah di sekujur tubuhnya.

Wajahnya sumringah, mirip seperti foto asli yang juga tercantum di kotak kemasan mainan tersebut. Tidak hanya Sumanto, edisi mainan "Indo Psychos" juga menghadirkan boneka Ryan Jombang dan Robot Gedek.

Cipta Croft-Cusworth adalah orang di balik pembuatan boneka-boneka tersebut.

Pria blasteran Padang-Inggris yang sehari-harinya bekerja sebagai desainer mainan itu juga mengeluarkan seri lain, di antaranya tiga mendiang presiden Indonesia dalam seri Dead Patriots, seri Setan Lokal berupa Kuntilanak, Genderuwo dan Leak Bali serta sosok Living Legends seperti Rhoma Irama.

"Diawali dari tempat saya bekerja, di mana mainan-mainan berbau Indonesia seperti bajaj dan monas sold out," ujar Cipta pada Antara News di Jakarta Toys Fair, Sabtu.

Peluang bisnis itu tidak disia-siakan olehnya. Dimulai dari seri Dead Patriots, Cipta kemudian memilih tokoh-tokoh khas Indonesia yang menarik untuk dijadikan action figure.

"Awalnya saya hanya membuat Soekarno dan Soeharto, tapi saya sendiri menyukai Gus Dur jadi saya juga bikin," ujarnya.

Kejahatan Sumanto, Ryan dan Robot Gedek yang menggegerkan masyarakat juga menginspirasinya membuat seri "Indo Psychos".

"Saya ingat kasus Robot Gedek itu juga mengejutkan dunia internasional," imbuhnya.

Ke depannya, Cipta berniat membuat tokoh-tokoh lain yang menarik untuk diabadikan dalam bentuk action figure.

"Yang pasti pocong akan masuk juga ke Setan Lokal. Juga Johny Indo," kata dia, menambahkan mainan-mainannya akan dijual di Pasar Santa.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015