Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) memperkuat kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana.

"Penandatanganan MoU ini sebetulnya update dari kerja sama kita setiap tahun yang dilakukan oleh BNPB dan kementerian lembaga serta mitra," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Selasa.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan disela-sela rapat koordinasi BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) seluruh Indonesia.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla ditandai dengan pemukulan gong, serta dihadiri sejumlah pejabat antara lain, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Khofifah mengatakan, ada banyak kementerian dan lembaga yang terlibat dalam Rencana Aksi Nasional (RAN) penanggulangan bencana 2015-2019 antara lain pada saat tanggap darurat.

Tugas pokok dan fungsi Kementerian Sosial dalam tanggap darurat adalah memastikan perlindungan dan pemenuhan kebutuhan makanan bagi pengungsi.

"Kemensos memastikan ketersediaan makanan bagi pengungsi, bagaimana dapur umum, tendanya dan lain sebagainya," kata Khofifah.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015