Padang raih "Kota Langit Biru 2014"



Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), meraih penghargaan "Kota Langit Biru" 2014 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, karena kualitas udara di daerah itu dinilai bersih.

Penghargaan tersebut diserahkan Asisten Deputi Pencemaran Udara dan Sumber Tidak Bergerak, Dasrul Chaniago kepada Wali Kota Padang yang diwakili Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda), Edi Hasymi di Jakarta, Selasa (10/3).

Kepala Bapedalda Padang, Edi Hasymi di Padang, Rabu, mengatakan penghargaan untuk kategori Kota Besar itu diraih bersama empat kota lain di Indonesia yakni Malang, Pontianak, Balikpapan dan Tangerang Selatan.

"Penghargaan ini melalui proses yang cukup panjang, di mana 45 kota di Indonesia dinilai sejak Juli hingga Agustus 2014," kata dia.

Untuk Kota Padang, Tim Kementerian Lingkungan Hidup melakukan penilaian di beberapa titik, Jalan S. Parman, Jalan Agus Salim, Jalan Sawahan, serta Jalan By Pass Km 10 Kuranji.

Pada titik tersebut dilakukan penilaian fisik yang meliputi uji emisi, pemantauan kinerja lalu lintas, pemantauan kualitas udara ambient, serta pemantauan kualitas bahan bakar, kata dia.

Dia menambahkan, program Langit Biru 2014 merupakan aksi pengendalian pencemaran udara melalui implementasi kegiatan secara terpadu yang dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Tujuannya untuk mendorong peningkatan kualitas udara dari pencemaran udara yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan.

Selain meningkatkan kualitas udara kota, program tersebut juga menjawab tantangan penurunan konsumsi bahan bakar minyak sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca yang merupakan penyebab terjadinya perubahan iklim.


Pewarta:
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar