counter

Bhutan catatkan kemenangan perdana di kualifikasi Piala Dunia

Kolombo (ANTARA News) - Bhutan, negara dengan tim sepak bola nasional terburuk mengacu pada peringkat FIFA, meraih kemenangan 1-0 atas Sri Lanka pada debut kualifikasi Piala Dunia mereka pada Kamis.

Tshering Dorji mencetak gol semata wayang di pertandingan itu pada menit ke-84 bagi negara kecil di Himalaya itu, yang menduduki urutan terakhir dari 209 tim di daftar peringkat FIFA, pada pertandingan yang dilangsungkan di Kolombo, lapor Reuters.

"Ini merupakan saat yang paling menggembirakan dalam hidup saya. Ini merupakan saat yang saya nanti-nantikan... Merupakan momen luar biasa untuk mencetak gol, dan itu merupakan momen sempurna untuk mencetak gol," kata Dorji kepada para pewarta.

Sebelum Kamis, Bhutan hanya mencatatkan tiga kemenangan dan takluk 2-5 dari Sri Lanka pada pertandingan internasional terakhirnya pada Kejuaraan Sepak Bola Asia Selatan 2013 di Kathmandu.

Penampilan dari tim itu, yang pernah mencatatkan kekalahan 0-20 dari Kuwait pada kualifikasi Piala Asia pada 2000, bahkan mengundang pujian dari presiden FIFA Sepp Blatter yang menyebut hal itu sebagai "momen ajaib, bersejarah" melalui akun Twitternya.

Pelatih kepala Sri Lanka Nikola Kavazovic mengatakan timnya harus membayar karena menganggap enteng Bhutan, namun ia percaya diri pasukannya mampu membalikkan keadaan pada pertandingan kedua yang dimainkan pada Selasa.

"Mereka merupakan tim yang lebih baik dan mereka layak untuk menang," kata pria Serbia itu. "Kami pikir tim Bhutan mudah (untuk dikalahkan) namun sejumlah hal benar-benar berbeda di atas lapangan."

"Saya masih yakin bahwa kami akan memenangi fase kedua."

Brunei juga meraih kemenangan untuk pertama kalinya dalam kualifikasi, menaklukkan Taiwan melalui gol Adi Said di menit ke-36, sedangkan Kamboja menang 3-0 atas Makau di Phnom Penh.

Timor Leste memulai perjalanannya menuju Rusia 2018 dengan mencatatkan kemenangan perdananya di kualifikasi Piala Dunia, dengan mencatatkan kemenangan 4-1 atas Mongolia di Dili.

Penyerang Chiquito Filipe do Carmo mencetak gol perdana pada fase kualifikasi yang akan menampilkan ke-209 anggota FIFA untuk memainkan lebih dari 800 pertandingan, untuk menentukan 31 tim yang akan bergabung dengan tuan rumah di putaran final.

Ini merupakan kemenangan keempat bagi Timor Leste yang menghuni peringkat ke-185 dunia, sejak menjadi anggota FIFA pada 2005.

Kegembiraan terlihat jelas di negara Asia Tenggara yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Portugal ini, ketika layar raksasa diletakkan di luar Stadion Municipal bagi para penggemar yang tidak dapat membeli tiket untuk menyaksikan pertandingan ini secara langsung.

India mendekat ke putaran selanjutnya berkat kemenangan 2-0 atas Nepal.

Kedua gol tercipta pada babak kedua melalui pencetak gol internasional terbanyak India Sunil Chhetri, yang juga gagal memasukkan penalti sekaligus gagal menorehkan trigolnya.

Yaman menjamu Pakistan, tim dengan peringkat tertinggi yakni 170 di antara 12 negara Asia lainnya di putaran pertama, pada pertandingan terakhir yang dimainkan hari ini.

Enam pemenang agregat akan melaju ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia zona Asia, di mana mereka akan bertemu dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Australia, dan Iran.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Indonesia-Sri Lanka sepakat bentuk pokja

Komentar