Muara Teweh (ANTARA News) - Sedikitnya 1.700 orang calon jamaah haji masuk dalam daftar tunggu di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah hingga awal Maret 2015.

"Calon haji dalam daftar tunggu ini sebagian besar sudah menyetor uang jaminan di bank dan mereka harus menunggu 16 tahun ke depan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara (Barut), Tuaini Ismail di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Tuani, calon jamaah haji yang masuk dalam daftar dan masuk dalam urutan teratas yang bisa diberangkatkan tahun 2015 hanya 108 orang.

Pemerintah, kata dia, menerapkan sistem nomor urut jadi. Siapa pendaftar urutan teratas dan berikutnya yang akan diberangkatkan.

"Memang calon jamaah haji Barito Utara dalam beberapa tahun terakhir berkurang, karena ada kebijakan pemerintah Arab Saudi," katanya.

Tuani mengatakan, pemberangkatan calon jamaah haji Barito Utara diperkirakan pada Agustus 2015 sambil menunggu rapat di Provinsi Kalteng.

Menurut dia, dari ratusan calon jamaah haji yang terdaftar untuk musim haji tahun ini, paling banyak didominasi kaum perempuan.

"Kita harapkan semua calon jamaah haji mulai sekarang menyiapkan diri sebelum berangkat ke Tanah Suci," katanya.

Pewarta: Kasriadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015