Padang (ANTARA News) - Sejumlah mahasiswa tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Proklamator Universitas Bung Hatta (UBH), Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan acara renungan untuk memperingati 35 tahun wafatnya sang Proklamator bangsa, Muhammad Hatta.

Pjs Presiden Mahasiswa UBH, Fajar Aditya Amri di Padang, Senin, mengatakan renungan itu bertempat di Pelataran Patung Bung Hatta Kampus Proklamator I UBH.

Kegiatan ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi dan penampilan akustik lagu-lagu kebangsaan hingga ditutup dengan renungan sembari menyalakan 1.000 lilin.

Ketua UKM Kesenian Proklamator UBH, Marinus Radodo Hia menjelaskan rasa terima kasih dan bangganya kepada mahasiswa UBH yang hadir dalam kegiatan tersebut, karena tidak banyak generasi muda saat ini yang peduli atas perjuangan tokoh bangsa di masa lampau seperti sang Proklamator, Bung Hatta.

"Semoga kegiatan ini menjadi penyemangat bagi generasi muda bangsa untuk dapat menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta saling berbaur menjaga rasa keberagaman," ujarnya.

Ia menambahkan peringatan ini bukan sekedar kegiatan serimonial saja namun memiliki makna agar generasi muda saat ini dapat merengungkan dan berdoa untuk Indonesia lebih baik.

Sedangkan Fajar Aditya Amri menambahkan sebagai generasi penerus bangsa dan juga sebagai perguruan tinggi yang menyandang nama besar Proklamator, Bung Hatta tentunya harus menanamkan dalam diri akan nilai nilai kebunghattaan.

"Bung Hatta merupakan tokoh yang sangat berpengaruh dalam kemerdekaan negeri ini untuk itu harus dicerminkan pada kepribadian bersama seperti Bung Hatta," katanya.

Pewarta: Hendra Agusta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015