counter

XL bidik 3 juta pelanggan 4G tahun ini

XL bidik 3 juta pelanggan 4G tahun ini

PT XL Axiata Tbk (XL) (ANTARANews.com)

Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL) menargetkan sekitar 3 juta pelanggan layanan 4G pada tahun ini, yang hingga pertengahan Maret ini sudah sekitar 30.000 pengguna.

"Kami optimistis target tersebut tercapai, sejalan dengan kesiapan ekosistem 4G di Tanah Air," kata VP XL Jabodetabek Region Titus Dondi, di Jakarta, Senin.

Menurut Titus, empat prasyarat berkembangnya 4G, yaitu kesiapan ekosistem penyelenggara jaringan (provider), ketersediaan perangkan ponsel canggih, aplikasi konten 3G dan 4G, serta semakin banyaknya komunitas pengguna layanan 4G.

Ia menjelaskan, minat pelanggan XL fitur 4G berbeda dengan ketika 3G diluncurkan pertama kali sekitar 8 tahun lalu. "Ketika itu saat 3G dikembangkan pertama kali masyarakat belum sepenuhnya melek Internet. Sekarang hampir semua kalangan sudah tersambung dengan Internet, sehingga akan memudahkan aplikasi 4G," tegasnya.

Titus menambahkan, dengan kesiapan ekosistem XL tercipta performa jaringgan sehingga bisa menghadirkan layanan, termasuk Internet cepat, yang bisa menjawab kebutuhan pelanggan dan masyarakat ibu kota.

"Kini, selain kecepatan yang mampu mencapai maksimal hingga 100 Mbps untuk 4G LTE dan mencapai hingga 42 Mbps untuk HSPA+ (H+), Internet cepat XL juga memiliki keunggulan berupa prioritas dari sisi jaringan dan traffik yang akan memaksimalkan akses Internet," ujarnya.

Sementara itu, Act.Chief Revenue & Customer Management XL-Rashad Javier Sanchez menyatakan, saat ini adalah eranya Internet cepat dan XL sudah menjadi pelopor.

Khusus untuk Jakarta, pertumbuhan pengguna layanan 4G saat ini sudah mencapai 30.000 pengguna, sejak layanan 4G diluncurkan pada akhir bulan Oktober 2014.

Di Jakarta sudah lebih dari 67 persen area yang memiliki kualitas layanan Internet cepat, yang bisa dinikmati oleh pelanggan.

"Saya perkirakan masih dibawah 10%. Kemarin itu total layanan data ada kontribusi sekitar 30 perssen. Kalau ekosistem perangkat matang, biasanya dalam dua tahun pertama akan ada migrasi pengguna ke 4G di satu operator itu sekitar 25 persen," kata Rashad.

Layanan 4G XL sejauh ini sudah ada di Jakarta, kota lainnya yang sudah dapat menikmati 4G LTE XL adalah Medan, Bogor, Jogjakarta, Surabaya dan dalam waktu dekat segera hadir di Bandung.

Secara nasional jumlah pelanggan data XL saat ini mencapai sekitar 30 juta pelanggan dan 16,1 Juta diantaranya merupakan pengguna smartphone. XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30.000 km, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar