Jakarta (ANTARA News) - Organisasi kesehatan Doctors Without Borders meminta Google untuk menciptakan tablet anti Ebola dikarenakan pengumpulan data di daerah yang terkena virus Ebola membutuhkan tablet yang terlindung dari kontaminasi virus tersebut.

Google menciptakan casing untuk tablet Sony Xperia yang didesain khusus untuk memastikan bahwa perangkat ini dapat tahan terhadap kelembaban yang tinggi dan badai yang terjadi di Afrika Barat.

Selain itu, perlindungan ekstra pada tablet memungkinkan perangkat tersebut dicelupkan ke dalam klorin untuk membunuh sisa-sisa virus Ebola.

Tepi sudut casing ditumpulkan untuk memastikan bahwa tablet tidak merobek pakaian pelindung para dokter dan untuk meminimalkan ruang yang terbuka, tablet di-charge secara nirkabel.

Sebelumnya, beberapa dokter menggunakan pena dan kertas. Penggunaan pena dan kertas di wilayah ini dianggap sangat berbahaya mengingat tingginya resiko penularan virus ebola.

Penggunaan tablet dinilai jauh lebih efektif, terutama untuk data dalam bentuk angka. Perangkat ini dapat meminimalisir kesalahan dan dapat meringankan kerja dokter dalam pengumpulan data, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015