Akan ada 100 "technopark" di Indonesia

Akan ada 100 "technopark" di Indonesia

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Solo (ANTARA News) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengatakan pemerintah tengah mempersiapkan pembangunan sebanyak 100 "technopark" di Indonesia.

"Ya kami berharap nantinya kalau pembangunan technopark tersebut selesai untuk kabupaten/kota yang belum memiliki bisa mencontohnya," kata Mohammad Nasir ketika meninjau Solo Technopark (STP), di Solo, Selasa.

Ia mengatakan untuk pengelolaan "technopark" nanti kan dilakukan bekerja sama dengan dunia pendidikan atau akademik yang ada di daerah masing-masing, karena tanpa bekerja sama ini akan sulit untuk bisa maju.

Dikatakan dia untuk membangun sebuah "technopark" yang lengkap diperlukan dana sebesar Rp1 triliun dan terus nantinya untuk pengelolaannya bisa melalui BLUD.

Melalui cara ini diharapkan dari hasil "technopark" ini bisa dimanfaatkan oleh dunia usaha.

Ia mengatakan melalui lembaga ini diharapkan pula bisa mencetak usaha baru, yang pada gilirannya akan bisa mengurangi pengangguran.

Mohammad Nasir dalam kunjungan kerjanya di STP Solo yang didampingi oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo juga menjanjikan akan memberikan bantuan sarana laboratorium dan sebagian gedung yang nilainya mencapai Rp25 miliar.

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Technopark, hubungkan kurikulum dan dunia industri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar