Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 200 pereli direncanakan ambil bagian pada pelaksanaan kejuaraan nasional Time Rally di Makassar, Sulawesi Selatan, 17-18 April 2015.

Ketua Penyelenggara Kejurnas Time Rally, Fahmi di Makassar, Kamis, mengatakan ratusan pereli itu berasal dari sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, hingga sejumlah daerah di Kalimantan seperti Balikpapan.

"Sejumlah daerah sudah menginformasikan kesiapannya bersaing pada ajang kali ini. Kami optimistis bisa mendatangkan hingga 200 pebalap pada pelaksanaan 2015," jelasnya.

Pada pelaksanaan 2015, kata dia, akan dimulai dari Sirkuit Trans Studio Makassar dan selanjutnya akan mengelilingi rute yang telah dipersiapkan. Ajang ini tentu saja akan menjadi tontonan yag menarik bagi masyarakat Kota Makassar.

"Akan ada ratusan mobil yang akan terlibat dalam kejurnas kali ini. Kami juga meminta dukungan penuh masyarakat demi suksesnya kejuaraan," katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi IMI Sulsel, Adifar menyatakan ajang time rally merupakan salah satu kejuaraan yang akan dilaksanakan pihaknya sepanjang 2015.

Untuk kejuaraan lainnya yang juga akan segera menyusul yakni kejurnas motoprix (tiga seri), grass track (satu seri), drag race (dua seri), indoprix (satu seri), Rally of Celebes, dan sprint rally yang akan dilaksanakan di Perkebunan Tebu Kabupaten Takalar, Sulsel, 24-25 April 2015.

"Kami tentu berharap pelaksanaan time rally Makassar 2015 semakin meningkatkan kualitas para pebalap Sulsel. Setelah kejuaraan ini berakhir, kami kembali akan menggelar ajang yang lebih besar yakni Rally of Celebes dan Sprint Rally," katanya.

Untuk pelaksanaan Rally Of Celebes 2015, kata dia, juga direncanakan diikuti puluhan pereli nasional dari sejumlah daerah seperti DKI Jakarta dan kalimantan.

Salah satu yang menjadi daya tarik atau pembeda dari sebelumnya yakni pelaksanaan Special Stage (SS) penutup yang akan dilaksanakan di Sirkuit Trans Makassar.

Keputusan pihak penyelenggara memasukkan Makassar sebagai lintasan terakhir, kata dia, dimaksudkan agar masyarakat khususnya di Makassar bisa melihat aksi para pembalap nasional yang tampil dalam kejuaraan tersebut.

"Kami berharap dengan konsep ini juga semakin menarik banyak penonton untuk hadir menyaksikan secara langsung," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015