Jakarta (ANTARA News) - Kepala Eksekutif Apple Inc Tim Cook bergabung dalam daftar orang kaya raya yang menghibahkan harta kekayaannya untuk kegiatan amal.

Majalah Fortune melaporkan, bos perusahaan teknologi terbesar di dunia itu berencana menyumbangkan 785 juta dolar AS (Rp10,2 triliun) kekayaannya untuk kegiatan amal, setelah membiayai pendidikan keponakannya yang berusia 10 tahun.

"Anda ingin batu di kolam untuk menciptakan riak bagi perubahan," kata Cook kepada majalah itu.

Fortune menaksir kekayaan bersih yang disumbangkan Cook, berdasarkan saham Apple yang dikuasainya, mencapai 120 juta dolar AS. Dia juga menguasai saham luar biasa 665 juta dolar AS jika semuanya diberikan.

Pernyataan CEO berusia 54 tahun ini memperpanjang daftar filantropis orang-orang paling kaya di dunia yang di dalamnya termasuk miliarder Warren Buffett, bos Microsoft Corp Bill Gates, Mark Zuckerberg dari Facebook Inc dan Larry Ellison dari Oracle Corp.

Kendati jumlah uang amal Cook tidak sebesar Gates atau Zuckerberg yang keduanya menyumbangkan miliaran dolar AS, namun CEO Apple ini berharap langkahnya membuat perbedaan, demikian Reuters.






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015