Jakarta (ANTARA News) - Twitter resmi meluncurkan aplikasi video streaming Periscope, Kamis, hanya beberapa hari setelah laporan bahwa perusahaan jejaring sosial itu memblokir aplikasi saingannya, Meerkat.

Pengumuman Twitter tersebut bersamaan dengan peluncuran daftar investor Meerkat, yang didalamnya termasuk perusahaan keuangan di Silicon Valley Greylock Partners dan Sound Ventures milik Ashton Kutcher.

Langkah Meerkat memperluas pendanaan perusahaannya diperkirakan akan menghasilkan jutaan dolar Amerika Serikat.

Aplikasi yang sudah digunakan oleh tuan rumah temu wicara Jimmy Fallon di jaringan televisi NBC itu memungkinkan pengguna untuk menonton video streaming yang tidak dapat di tonton ulang.

Twitter melaporkan dalam satu pesan blog bahwa telah membeli Periscope pada Januari 2015.

Tidak seperti Meerkat, Periscope memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan memutar ulang video. Twitter menyatakan, saat ini aplikasi tersebut tersedia di Apple App Store, dan akan segera hadir di Google Play Android.

Sebelumnya, Twitter juga membeli layanan berbagi video Vine pada 2012, kemudian perusahaan itu secara agresif memperluas kemampuan menerapkan gambar, video dan konten interaktif  jauh lebih kaya dibanding pesan 140 karakternya.

Vine, aplikasi video berdurasi enam detik itu kini menjadi salah satu aplikasi yang terpopuler di iTunes store Apple, demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015