Presiden bawa misi khusus ke Boao Forum

Presiden bawa misi khusus ke Boao Forum

Presiden Joko Widodo menyampaikan masalah pembangunan ekonomi Indonesia di Boao Forum for Asia di Hainan, Tiongkok, Sabtu.(ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Hainan (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo membawa misi khusus ke Boao Forum for Asia (BFA) yang dibuka 28 Maret 2015 di gedung pertemuan di pesisir timur Pulau Hainan, Tiongkok.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di tempat pertemuan yang berada di antara Haikou dan Sanya sekitar pukul 09.45 waktu setempat, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan gaun terusan merah marun dipadu blazer panjang motif batik warna senada.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memasuki ruang pertemuan bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping dan mendapat tempat duduk bersebelahan dengan Presiden Xi, yang menjadi pembicara utama dalam forum itu.

Presiden Jokowi, yang menjadi pembicara kelima dalam forum itu, dalam pidatonya mengatakan bahwa seperti Tiongkok, Indonesia ingin cepat membangun infrastruktur.

"Indonesia ingin membangun dengan cepat, kita ingin investasi, kita ingin membangun infrastruktur dengan cepat," katanya.

Sementara Presiden Xi mengatakan bahwa Asia kini merupakan wilayah paling dinamis dan strategis yang teras berkembang.

"Di Asia kerja sama saling menguntungkan telah dilakukan dalam berbagai hal termasuk dalam mengatasi bencana. Asia selalu bekerja sama dengan semangat kebersamaan," katanya.

Ia menyadari bahwa kini kemiskinan merupakan masalah bersama di kawasan Asia.

Para pejabat yang hadir dalam pertemuan itu juga memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yeuw dan korban kecelakaan pesawat Germanwings di Pegunungan Alpen, Prancis.


Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Presiden minta Pemprov Aceh pertahankan pengendalian COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar