Armada Ketujuh AS dukung patroli Laut China Selatan ASEAN

... percayalah saya, Armada Ketujuh Amerika Serikat siap mendukung...
Jakarta (ANTARA News) - Dalam pertemuan dengan para pemimpin angkatan laut ASEAN, baru-baru ini, Panglima Armada Ketujuh Amerika Serikat, Laksamana Madya Robert Thomas, menegaskan, jajarannya siap mendukung patroli maritim terkoordinasi di Laut China Selatan.




Disarikan dari laman www.usni.org, dari Jakarta, hari ini, Thomas menyitir keberhasilan patroli multinasional terkoordinasi di Selat Malaka yang dilakukan TNI AL, Angkatan Laut Kerajaan Thailand, Angkatan Laut Malaysia, dan Angkatan Laut Singapura, dengan observasi dari beberapa pihak lain. 




“Mungkin lebih mudah mengatakan ketimbang mewujudkan, dari perspektif organisasi dan kebijakan, inisiatif seperti ini bisa membantu mengkristalkan tujuan operasi pada tahap latihan yang diinginkan negara-negara ASEAN,” kata dia. Armada Ketujuh bertanggung jawab pada wilayah Pasifik Barat. 




“Jika negara-negara ASEAN menginginkan mengambil pimpinan dalam menyelenggarakan sesuatu dalam konteks ini, percayalah saya, Armada Ketujuh Amerika Serikat siap mendukung,” katanya. 




Sebelumnya, Pentagon mengeluarkan pernyataan bahwa departemen itu menyambut baik kolaborasi peningkatan keamanan di Asia Pasifik, termasuk upaya yang dipimpin ASEAN. 




“Kami yakin kerja sama yang baik di antara negara ASEAN adalah hal penentu dalam menjamin perdamaian dan kesejahteraan di kawasan itu,” kata juru bicara Pentagon, Henrietta Levin, secara terpisah. 




Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Presiden tekankan penghormatan atas hukum Internasional di Laut China Selatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar