Untuk pengamanan kami memprioritaskan enam gereja dari total 152 gereja di Jakarta pusat selama perayaan Paskah Kamis sampai Minggu berdasarkan jumlah jemaat gereja
Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat memprioritaskan pengamanan enam gereja, yakni Katedral, Imanuel, Kanisius, Paulus, Teresia, dan Anglikan selama Tri Hari Suci dan perayaan puncak Paskah pada Kamis (2/4) hingga Minggu (5/4).

"Untuk pengamanan kami memprioritaskan enam gereja dari total 152 gereja di Jakarta pusat selama perayaan Paskah Kamis sampai Minggu berdasarkan jumlah jemaat gereja," kata Kabag Ops Polres Jakarta Pusat AKBP Sucipto di Jakarta, Kamis.

Prioritas pengamanan enam gereja tersebut, ujar dia, dilakukan dengan penempatan personel yang lebih banyak. Untuk Gereja Katedral dan Imanuel masing-masing sejumlah 178 personel, sedangkan untuk Gereja Kanisius, Paulus, Teresia, dan Anglikan masing-masing sejumlah 117 personel.

Sementara untuk gereja yang lebih kecil, personel yang diturunkan sejumlah tiga hingga empat personel.

Pengamanan dan strerilisasi enam gereja tersebut, kata dia, telah dilakukan sejak Kamis siang hingga sore sebelum misa digelar, sedangkan pengamanan gereja yang lebih kecil akan dilakukan pada Jumat (3/4) pagi.

Untuk membantu pengamanan, polisi juga akan menggunakan metal detector di keenam gereja tersebut.

Ia menuturkan dalam perayaan Paskah 2015, polisi melakukan pengamanan gabungan bersama Brimob, Sabhara, Gegana, Pam Obvit serta TNI.

Sementara untuk lalu lintas, sebanyak 10 personel ditempatkan di dekat setiap gereja untuk membantu kelancaran.

Dalam perayaan Paskah itu, ia mengimbau jemaat tidak membawa barang berharga, waspada tidak meletakkan barang penting seperti kunci kendaraan sembarangan serta tidak memarkir kendaraan sembarangan.

"Saya mengucapkan selamat merayakan Paskah dan kami imbau bagi yang merayakan waspada, menjaga ketertiban, dan tidak parkir sembarangan," ujar dia. 

Pewarta: Dyah DA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015