Houston (ANTARA News) - Petenis Jepang Go Soeda berhasil lolos dari hadangan mantan petenis nomor satu dunia Lleyton Hewitt, sementara petenis Amerika Serikat Sam Querrey hampir tidak mengeluarkan keringat ketika melaju pada kejuaraan tenis lapangan tanah liat Amerika Serikat di Houston, Senin (Selasa WIB).

Soeda memerlukan waktu dua jam, 36 menit untuk membukukan kemenangan 4-6, 7-6 (7/3), 6-3 atas Hewitt, yang menjuarai turnamen ini pada 2009. Petenis berusia 30 tahun Soeda harus meloloskan diri dari satu "match-point".

Dia akan menghadapi pemenang pertandingan antara Jeremy Chardy dan Dusan Lajovic pada putaran berikutnya.

Sementara itu Querrey melaju setelah Marinko Matosevic mundur dari pertandingan setelah 18 menit di lapangan di River Oaks Country Club.

Querrey yang menjadi unggulan delapan sedang unggul 4-1 pada set pertama saat cedera lutut memaksa Matosevic mundur. Querrey menempati posisi kedua di Houston pada 2010.

Pada hari pertama turnamen itu juga petenis Argentina Federico Delbonis mengalahkan petenis Lithuania Ricardas Berankis 6-2, 7-6 (7/5), dan Sam Groth dari Australia menundukkan petenis Dominika Victor Estrella Burgos 7-6 (7/3), 6-4.

Pada petenis unggulan di Houston adalah petenis Spanyol Feliciano Lopez dan Roberto Bautista Agut. Pertandingan pertama Lopez adalah melawan Groth.

Fernando Verdasco mengalahkan Nicolas Almagro pada final sesama petenis Spanyol pada turnamen tahun lalu, demikian laporan AFP.

(Uu.I015/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015