London (ANTARA News) - Dalam melakukan evakuasi para WNI dari Yaman, pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa negara, termasuk dengan pemerintah Pakistan.

Kedua negara saling membantu melakukan evakuasi warga negaranya dengan prinsip kemanusiaan dan karena hubungan persahabatan Indonesia-Pakistan yang telah terjalin selama ini, demikian keterangan KJRI Karachi yang diterima Antara, Selasa.

Saat ini pemerintah Pakistan telah membantu mengevakuasi tiga orang WNI menggunakan kapal Angkatan Laut Pakistan PNS ANSLAT yang merapat di pelabuhan Karachi tanggal 7 April pukul 15.00 waktu setempat dan diterima langsung Konjen RI Karachi Hadi Santoso.

Ketiga WNI tersebut dalam keadaan sehat dan untuk sementara waktu ditampung di Wisma Indonesia KJRI Karachi sambil menunggu proses pemulangan mereka adalah Hilarius Boedhiman (51), Tri Alfabet Piliang (35) dan Adi Rosmana (34).

Pada saat yang sama, pemerintah Pakistan juga telah meminta pemerintah Indonesia untuk membantu mengevakuasi beberapa WN Pakistan ke Kedutaan Pakistan di Muscat, Oman.

Dalam pertemuannya dengan para WNI, Konjen RI Karachi menyampaikan rasa syukur atas sampainya para WNI di Karachi dengan selamat dan meminta para WNI untuk segera menghubungi kerabatnya di Indonesia untuk menyampaikan kabar terkini sambil menunggu proses mereka kembali ke Indonesia.

"Kami berterimakasih kepada pemerintah Pakistan atas kerja samanya dalam melakukan evakuasi WNI dari Yaman, kerja sama ini merupakan cerminan hubungan baik Indonesia-Pakistan yang telah terjalin selama ini, sehingga koordinasi dapat dilakukan dengan lancar tanpa menemui kesulitan" demikian Konjen RI Karachi, Hadi Santoso.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015