Jakarta (ANTARA News) - Dewasa berusia lanjut dan usia pertengahan yang melakukan aktivitas di bidang seni, mampu mengurangi risiko dirinya mengalami masalah memori dan berpikir (mengarah pada demensia) menurut studi terbaru.

Dalam studi yang dipublikasikan Jurnal Neurology itu, para peneliti mengamati 256 orang berusia rata-rata 87 tahun. Setelah empat tahun, 121 orang partisipan mengalami gangguan kognitif.

Kondisi ini ditandai dengan munculnya msalah dalam memori dan berpikir, namun tak cukup menganggu kehidupan sehari-hari.

Namun, mereka yang aktif dalam kegiatan seni misalnya menggambar atau melukis sejak usia pertengahan dan usia 85 tahun, 73 persen lebih rendah mengalami gangguan ini.

Sementara itu, partisipan yang aktif berkegiatan dalam seni pahat atau pembuatan tembikar, berisiko 45 persen lebih rendah mengalami gangguan memori dan berpikir.

"Orang berusia 85 tahun dan lebih tua berisiko paling besar menderita demensia," kata penulis studi sekaligus peneliti di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Rosebud O. Roberts.

Dia mengatakan, lansia yang aktif bersosialisasi mampu menurunkan risiko terkena gangguan kognitif sekitar 55 persen.

Lalu, lansia berusia 85 tahun dan lebih tua yang masih menggunakan perangkat komputer, 53 persen lebih rendah terdiagnosa mengalami gangguan ini.

"Tak sepenuhnya jelas mengapa kegiatan-kegiatan ini membantu menurunkan risiko seseorang mengalami gangguan kognitif. Sepertinya, kegiatan ini meningkatkan fungsi saraf," kata Roberts seperti dilansir LiveScience.

Temuan ini konsisten dengan hasil studi sebelumnya yang memperlihatkan manfaat stimulasi kognitif dan aktivitas sosial. Menurut profesor neurologi, psikiatri dari NYU Langone Medical Center di New York, Dr. James E. Galvin, kedua hal ini menurunkan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

"Sementara kita tidak dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer, ada bukti yang menunjukkan risiko penyakit dapat dimodifikasi," ungkap Galvin.

Penerjemah: Lia Wanadriani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015