Jakarta (ANTARA News) - DPD dan DPC Partai Demokrat Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mendukung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres ke-III Partai Demokrat yang akan berlangsung pada tanggal 11-13 Mei mendatang di Surbaya, Jawa Timur.

Dukungan tersebut disampaikan dalam acara silaturahmi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Adapun anggota DPR RI yang menghadiri silaturahmi tersebut adalah Agus Hermanto (Wakil Ketua DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum PD)), Djoko Udjianto, Didik Mukrianto, Rinto Subekti, Ambar Tjajono, dan Anton Suratto.

"Pastinya kami mengusulkan dan mendukung Bapak SBY sangat besar untuk menjadi Ketua Umum di kongres mendatang. Dukungan berupa surat pernyataan tidak ada unsur paksaaan, melainkan dilandasi jejak rekam Pak SBY dalam menjalankan roda Partai Demokrat selama ini. Begitu juga keberhasilan Pak SBY dalam 10 tahun memimpin bangsa," kata Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, Raden Muhammad Abdulah dalam rilis yang diterima ANTARA News, Jakarta, Sabtu.

Wakil Ketua Umum PD, Agus Hermanto mengapresiasi dukungan tersebut dan akan menyampaikan kepada SBY.

"Tentunya akan kami sampaikan dukungan tersebut kepada Pak SBY. Memang saya sering keliling Indonesia dukungan kader daerah begitu kuat terhadap SBY, karena para kader melihat kepimpinan SBY diyakini dapat membawa kejayaan kembali," jelas Wakil Ketua DPR RI ini.

Agus juga mempersilahkan bilamana ada calon lain ingin bertarung di kongres mendatang. "Silahkan saja calon lain, Partai Demokrat selalu terbuka. Tapi bilamana melihat dukungan besar dari daerah kami juga tidak bisa melarang. Bahkan pengurus daerah ada yang meminta aklamasi," ujarnya.

Dalam silaturahmi tersebut, juga dibahas tentang persiapan menghadapi pilkada secara serentak yang akan diselenggarakan tahun ini Didik Mukrianto selaku Ketua Koordinator Pemenangan Pilkada Wilayah DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur mengatakan.

Pembahasan soal persiapan menghadapi pilkada dinilai penting untuk kader demi memantapkan kemajuan Partai Demokrat mendatang. "Langkah sosialisasi ini bagian dari langkah untuk menguatkan konsolidasi bagaimana dalam menghadapi pilkada. Apalagi mekanisme dan sistem pilkda tahun ini berbeda dari tahun lalu," jelas Didik.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015