counter

Puan Maharani disarankan pilih kabinet atau partai

Puan Maharani disarankan pilih kabinet atau partai

Dokumentasi Puan Maharani (kanan) menyeka keringat di dahi ibunya yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (tengah), disaksikan Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah (kiri), saat melihat-lihat stan berisi kiprah fraksi partai politik "wong cilik" itu, di MPR di sela-sela Kongres IV PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali, Jumat (10/4). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

... Puan Maharani, tapi saya nonaktifkan...
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin, menyarankan kepada Puan Maharani untuk memilih salah satu dari jabatan di kabinet atau Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan.

Puan digadang-gadang ibunya yang Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, yang juga memberi kendaraan politik bagi Presiden Jokowi menuju kursi kepresidenan, untuk menjadi penerus dinasti Soekarno.

"Bila Puan bersedia memilih salah satu dari jabatan tersebut, itu akan lebih positif di mata publik baik untuk dirinya maupun untuk PDI Perjuangan," kata Salahudin, dihubungi di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, bila Puan lebih memilih jabatan menteri di kabinet yang saat ini dia sandang, yaitu menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, maka jabatan nonaktif di PDI Perjuangan yang dia tinggalkan bisa diisi kader partai yang lain.

Menurut Salahuddin, hal itu akan menunjukkan kepada publik bahwa PDI Perjuangan tidak kekurangan kader dan tidak ada perlakuan istimewa terhadap Puan yang merupakan anak Megawati.

Sedangkan bila Puan lebih memilih aktif sebagai ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan, maka lebih baik dia mundur dari jabatan menteri sehingga Jokowi bisa memilih orang lain untuk mengisi jabatan tersebut.

"Akan lebih elok Puan bersedia mundur dari jabatan menko bila dia lebih memilih aktif dan bekerja untuk PDI Perjuangan," tuturnya.

"Keputusan Megawati memasukkan nama Puan sebagai pengurus tetapi nonaktif itu sebagai suatu hal yang aneh dan ganjil. Apakah PDI Perjuangan kekurangan kader?" kata dia.

Megawati telah mengumumkan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat PDIP periode 2015-2020. Dalam kepengurusan tersebut, terdapat dua posisi yang diisi anak Megawati.

"Ketua Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani, tapi saya nonaktifkan," kata Megawati saat mengumumkan kepengurusan DPP PDI Perjuangan.

Selain Puan, anak lain Megawati yang juga mengisi kepengurusan DPP PDI Perjuangan adalah Muhammad Prananda Prabowo yang menjabat ketua bidang ekonomi kreatif. 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Pengamanan jelang pelantikan Presiden, Puan ingin bangun citra positif

Komentar