Kami ingin lebih mendekatkan pelayanan kepada WNI yang bekerja di Taiwan,"
Jakarta (ANTARA News) - Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, Taiwan, memudahkan layanan keimigrasian bagi warga negara Indonesia dengan program unggulan KDEI Mobile Service, untuk menjamin pelayanan dengan baik.

"Kami ingin lebih mendekatkan pelayanan kepada WNI yang bekerja di Taiwan," kata Kepala KDEI Taipei, Arief Fadillah, dalam siaran pers yang diterima, Selasa.

KDEI Taipei melayani beragam layanan bagi warga Indonesia dalam mengurus prosedur keimigrasian, kekonsuleran, dan ketenagakerjaan. Dimana semua permasalahan diberikan solusi yang cepat dan tetap waktu.

Arief mengatakan, program ini juga mampu memperluas cakupan pelayanan, dimana KDEI Mobil Service digelar kali pertama Februari 2014 dan mendapat sambutan positif.

"Kegiatan ini kami lakukan setiap bulan agar WNI makin mudah mengurus berbagai dokumen keimigrasian, termasuk konsultasi beragam masalah," ujar Arief.

Urusan mengganti paspor mahasiswa dan TKI kini tidak sulit, dan sosialisasi prosedur permohonan dan penggantian paspor terhadap mahasiswa dan TKI beserta rincian biaya resmi menjadi makin sering dilakukan.

Di bagian layanan kekonsuleran (legalisasi dokumen kanselerai), program ini makin banyak peminat. Sebanyak 120 dokumen ketenagakerjaan dari berbagai agensi yang tergabung dalam asosiasi di Taichung dan Kaohsiung dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Para agensi umumnya mengurus legalisasi dokumen perjanjian kerjasama penempatan antara agensi dan pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS). Masalah TKI juga beragam dan menjadi prioritas termasuk konsultasi seputar sistem penghitungan gaji dan lembur, bantuan pengiriman uang WNI yang dipenjara kepada pihak keluarga, potongan pembiayaan selama di Taiwan, dan kasus penipuan penempatan TKI.

Di luar pekerjaan, urusan lainnya juga ditangani, seperti legalisasi surat kuasa pengurusan KPR, hingga legalisasi surat kuasa cerai.

"Khusus masalah legalisasi cerai diselesaikan secara langsung atau one day service," kata Arief.

KDEI Mobile Service berikutnya, yakni pada 26 April 2015 di Toko Maju Kamto di kawasan North District, Tainan City. Melengkapi layanan mobile service, sejak Desember silam, KDEI Taipei juga menggelar KDEI Sunday Service dua kali setiap bulan.

Selain mobile service, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada warga, sejak Januari 2015, KDEI juga membuka kantor dengan memnberikan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian pada hari minggu pertama dan ketiga setiap bulannya.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015