Bandara Husein itu hanya sebagai halte. Jadi tamu negara naik pesawat misalnya dari Halim atau Cengkareng, pesawatnya nanti kembali
Bandung (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyiapkan empat bandara terkait Peringatan Ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA), yakni Bandara Halim Perdanahusuma, Bandara Soekarno Hatta dan Bandara di Lampung dan Bandara di Palembang.

"Kita siapkan Soekarno Hatta, Halim, Lampung dan Palembang juga. Kalau parkir semua di sini (pesawat), Bandara Huseinnya enggak akan cukup," kata Ignasius Jonan usai bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Rabu.

Ia mengatakan, keempat bandara tersebut nantinya akan digunakan untuk lalu lintas pesawat terbang yang membawa para delegasi Asia Afrika yang akan menghadiri Peringatan Ke-60 KAA dari Jakarta ke Bandung.

"Bandara Husein itu hanya sebagai halte. Jadi tamu negara naik pesawat misalnya dari Halim atau Cengkareng, pesawatnya nanti kembali. Pesawatnya enggak parkir di Bandara Husein," kata dia.

Ia memastikan penggunaan Bandara Husein dan bandara lainnya terkait KAA tidak akan mengganggu layanan transportasi udara komersial di bandara tersebut.

Ketika ditanya jumlah pesawat terbang yang disiapkan oleh pemerintah terkait KAA, ia belum mengetahui jumlah pastinya.

"Belum tahu, saya belum tahu karena pendaftarannya belum selesai," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015