Di mana pun aku pakai baju tradisional tiap Hari Kartini
Jakarta (ANTARA News) - Ayushita Nugraha selalu merayakan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April dengan mengenakan pakaian tradisional.

"Di mana pun aku pakai baju tradisional tiap Hari Kartini," ungkap Ayushita saat ditemui pekan lalu.

Saat masih duduk di bangku sekolah, Hari Kartini dirayakannya dengan mengenakan baju adat tradisional Indonesia sama seperti kebanyakan siswa-siswa lain di Tanah Air.

Kebiasaan itu berlanjut setelah dirinya beranjak dewasa.

Meskipun demikian, pakaian tradisional yang dimaksud aktris "Tidak Bicara Cinta" itu bukanlah setelan kebaya formal, tetapi baju tradisional berpotongan santai yang cocok untuk rutinitas sehari-hari. Beberapa pilihannya adalah kebaya modern kasual atau balutan kain batik sebagai bawahan.

"Aku senang pakai baju tradisional untuk rutinitas, misalnya pas ke kampus aku pakai kebaya kasual, bukan yang kebaya rapi banget," imbuh anggota grup Bukan Bintang Biasa itu.

Kebiasaannya mengenakan pakaian tradisional disebut Ayushita sebagai salah satu bentuk rasa terima kasih kepada Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita.

"Berkat Kartini, perempuan masa kini jadi open mind," ujar aktris yang sedang menjalani studi S2 di London School of Public Relations itu.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015