Jemaah haji Jambi tahun 2015 akan diberangkatkan dengan lima kloter
Jambi (ANTARA News) - Sebanyak 2.108 calon jemaah haji asal Jambi ditambah 33 petugas pendamping akan diberangkatkan pada tahun ini, kata Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jambi, Herman di Jambi, Senin.

Dia mengatakan, 2.108 orang tersebut bakal diberangkatkan melalui Bandara Sultan Thaha yang selanjutnya ke Bandara Hang Nadim Batam, sebelum bertolak ke Madinah.

"Jemaah haji Jambi tahun 2015 akan diberangkatkan dengan lima kloter. Satu kloter terdiri dari 450 orang jemaah," kata Herman.

Pemberangkatan kloter pertama seluruh Indonesia yakni pada 20 Agustus mendatang, sementara untuk jadwal jemaah Jambi masuk ke asrama haji Kota Baru Jambi diperkirakan di bulan Agustus, namun kepastiannya belum turun dari Kemenag RI.

Bandara Sultan Thaha Jambi resmi sebagai Embarkasi Haji Antara, karena itu katanya, seluruh proses pemeriksaan mulai dari kesehatan, dokumen dan pemeriksaan lainnya langsung diurus di Jambi. Sebab peralatan mulai untuk pemeriksaannya telah tersedia di asrama haji Kota Baru Jambi.

"Termasuk nanti cap stempel dari imigrasi, kita harapkan bisa dilakukan di sini, kita sudah negosiasi dengan imigrasi Batam supaya bisa di cap di sini, atau paling tidak dari mereka ada petugasnya yang ke sini," katanya.

Dia mengungkapkan, kapasitas asrama haji sebelumnya hanya mampu menampung sekitar 300 orang atau kurang dari satu kloter jemaah, pascarenovasi, asrama haji akan mampu menampung sekitar 500 jamaah.

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini katanya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dengan adanya Embarkasi Haji Antara, CJH asal Jambi hanya transit di Batam, berbeda dari tahun sebelumnya ketika jemaah harus mengurus seluruh prosedurnya di sana.

Selain itu, pemberangkatan pesawat ke Tanah Suci Mekkah yang menggunakan Pesawat Garuda Indonesia bisa langsung turun di Madinah, tidak seperti sebelumnya yang turun di Jeddah dan membutuhkan waktu sekitar enam jam menempuh perjalan darat untuk sampai ke Madinah.

"Dengan perjalanan seperti ini stamina fisik jemaah bisa lebih bugar untuk menjalankan ibadah haji," katanya.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015