... PSSI juga harus introspeksi dan memperbaiki diri...
Cilacap, Jawa Tengah (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga sebaiknya tidak langsung memberikan sanksi atau melakukan pembekuan terhadap PSSI, kata Ketua Umum PSCS Cilacap Farid Ma'ruf.

"Itu kurang benar karena induk olahraga sendiri ada KONI dan KOI. Mestinya Kementerian Pemuda dan Olahraga berkoordinasi dengan KONI dan KOI. Tidak langsung memberikan peringatan, memberikan sanksi, pembekuan kepada PSSI karena di samping ada KONI dan KOI, juga ada AFC dan FIFA," kata Ma'ruf, di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu.

Kendati demikian, dia mengatakan, apapun bentuk surat itu, PSSI juga harus introspeksi dan memperbaiki diri salah satunya terkait masalah perangkat pertandingan yang selalu dikeluhkan tim sepakbola.

Dalam hal ini, kata dia, PSSI harus memperbaiki wasit, pengawas pertandingan, dan pengawas wasit sehingga kompetisi yang ada di Indonesia betul-betul objektif dan tidak terjadi "sepakbola gajah".

"Divisi Utama, ISL, maupun Liga Nusantara semuanya anak buahnya PSSI, harus diperlakukan sama, jangan melihat itu siapa, di belakangnya siapa, harus betul-betul objektif. Dengan demikian nantinya yang, yang juara itu adalah juara sejati, promosi sejati, tidak menjadikan banyak kecurigaan," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015