Mari kita gelorakan semangat Bandung dan perjuangkan semangat pemimpin terdahulu
Bandung (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyeru semua negara Asia Afrika mendorong kerja sama di semua sektor untuk memastikan kesejahteraan bersama dan menghadapi tantangan saat ini.

"Cita-cita harus kita raih dengan kerja sama secara sejajar dengan sahabat dari negara lain," kata Presiden saat memberikan sambutan dalam peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka Bandung, Jumat.

Presiden menambahkan,"sebagai Presiden Republik Indonesia dan memimpin lebih 250 juta rakyat Indonesia, belum terbebas dari kemiskinan kita masih tertinggal dari negara maju masalah ini masih dihadapi negara sahabat di Asia Afrika".

Presiden mengajak semua yang hadir untuk menggelorakan kembali semangat Asia Afrika yang dicanangkan oleh para pemimpin besar negara pada 1955 lalu.

"Mari kita gelorakan semangat Bandung dan perjuangkan semangat pemimpin terdahulu dan tingkatkan saling pengertian dan perdamaian dunia serta kemerdekaan Palestina harus terus diperjuangkan," kata Presiden.

Kepala Negara juga menegaskan pentingnya kerja sama ekonomi.

"Selain itu bahu membahu meningkatkan kemakmuran rakyat, kerja sama ekonomi, dan perdagangan, bahu membahu saya harap terus diperjuangkan bersama di masing masing negara kita," tegasnya.

Sementara itu perwakilan Afrika, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe mengatakan kerja sama Asia dan Afrika harus terus ditingkatkan dan saat ini merupakan waktu yang tepat.

Mugabe juga mengatakan tantangan yang dihadapi saat ini berbeda namun tidak boleh menurunkan semangat kerja sama agar semua negara di Asia dan Afrika bisa sejahtera dan maju.

Sementara dari Asia, sambutan diberikan oleh Presiden Myanmar Thein Sein.

Peringatan di gedung Merdeka selain dihadiri oleh para pemimpin negara Asia Afrika juga dihadiri oleh mantan presiden Megawati Soekarnoputri, keluarga mendiang Ali Sastroamidjojo, para menteri kabinet kerja, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Diawal acara, Walikota Bandung membacakan Dasa Sila Bandung.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015